The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses meningkatkan keterampilan melalui model pembelajaran explicit instruction  dan untuk membuktikan bahwa model pembelajaran  explicit instruction efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan untuk anak tunagrahita kelas VIII di SLB Luki Padang. Keterampilan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah keterampilan bina diri dalam menjahit kancing baju. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah guru kelas VIII/C. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara melakukan kolaborasi dengan guru kelas dan peneliti sebagai pelaksana dan guru kelas sebagai pengamat. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Data  keterampilan menjahit kancing baju diperoleh melalui observasi dan tes perbuatan. Setelah diberikan perlakukan pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran explicit instruction efektifdalam meningkatkan keterampilan menjahit kancing baju untuk siswa yang mengalami hambatan mental  kelas VIII di SLB Luki Padang.


Keywords


yurmin