Penggunaan Model Explicit Instruction untuk Keterampilan Menjahit Kancing Baju bagi Anak yang Mengalami Hambatan Mental

Lusi Zahara(1), Armaini Armaini(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses meningkatkan keterampilan melalui model pembelajaran explicit instruction  dan untuk membuktikan bahwa model pembelajaran  explicit instruction efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan untuk anak tunagrahita kelas VIII di SLB Luki Padang. Keterampilan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah keterampilan bina diri dalam menjahit kancing baju. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah guru kelas VIII/C. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara melakukan kolaborasi dengan guru kelas dan peneliti sebagai pelaksana dan guru kelas sebagai pengamat. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Data  keterampilan menjahit kancing baju diperoleh melalui observasi dan tes perbuatan. Setelah diberikan perlakukan pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran explicit instruction efektifdalam meningkatkan keterampilan menjahit kancing baju untuk siswa yang mengalami hambatan mental  kelas VIII di SLB Luki Padang.


Keywords


yurmin

References


Gemida, D. (2016). Modul Guru Pembelajar. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan.

Hidayah, M dkk (2014). Proses Berpikir Siswa Tunagrahita Ringan Dalam Memecahkan

Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita Pada Operasi Hitung Campuran. Program Magister Pendidikan Matematika, PPs Universitas Sebelas

Maret Surakarta: Diperoreh dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jmme/article/download/10032/7408

Marlina, M. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus: Pendekatan Psikoedukasional Edisi Revisi.

Istarani. (2016). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Somantri, S. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Zahri, Wildati. (2007). Teknologi Menjahit Pakaian. Padang: UNP PRESS


Article Metrics

 Abstract Views : 390 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 281 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.