Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat dengan Model Pembelajaran Picture and Picture bagi Anak Tunarungu Kelas VIII di SLB Negeri 2 Padang

Sri Wulandari(1), Marlina Marlina(2),
(1) Padang State University  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui proses meningkatnya kemampuan menulis kalimat menggunakan model pembelajaran picture and picture dan untuk membuktikan bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat anak tunarungu di kelas VIII di SLB Negeri 2 Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Single Subjek Research (SSR). Penelitian ini terdiri dari tiga kondisi, yaitu kondisi baseline pertama (A1) intervensi kedua (B) dan baseline ketiga (A2). Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan pengumpulan data dengan observasi langsung. Didapatkan hasil bahwa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat anak tuna rungu di kelas VIII di SLB Negeri 2 Padang


Keywords


tunarungu, menulis kalimat, picture and picture

References


Hasan, Alwi. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Barendgret, W. (2008). Development and evalation of the problem identification picture cards method. Cogn tech work.

Huda, M. (2013). Model-model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marina, A, Sumaryati, S, Jaryanto. Jurnal Tata Arta. Studi komparasi prestasi belajar melalui model pembelajaran kooperatif picture and picture dengan media kartu akutansi make a match. Vol. 3, No. 3, Hal. 32-41.

Marlina. (2015). Asesmen anak berkebutuhan khusus (pendekatan psikoedukasional) (Revisi). Padang: UNP Press.

Mundziroh, Siti, Andayani, Kundharu Saddhono. (2013). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basastra, 2, 1-10.

Nurbiana, Dhienie. (2014). Meetode Pengembangan Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sunanto, J. (2005). Pengantar penelitian dengan subyek tunggal. Bandung: UPI Press.


Article Metrics

 Abstract Views : 789 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 633 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.