Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Keterampilan Membuat Makanan Praline Bagi Anak Tunarungu

Reza Dwi Andini(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : Id

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi ditemukan di SLB Negeri 2 Padang yaitu anak tunarungu dikelas VIII. Anak belum terampil dalam membuat makanan praline isi kacang tanah. Peneliti mencoba menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran keterampilan membuat makanan praline isi kacang tanah. Pelaksanaan   penelitian ini dilakukan delapan kali pertemuan tatap muka.Setiap pertemuan pembelajaran selalu diadakan evaluasi untuk melihat tingkat kemampuan anak. Tahapan kerja dalam siklus , pertama perencanaan, kedua pelaksanaan tindakan, ketiga observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan, data dianalisis dengan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil tes kemampuan yang dimilik anak disetiap pertemuan didapatkan peningkatan  keterampilan membuat makanan praline isi kacang tanah. Adapun hasil yang didapatkan dalam delapan kali pertemuan yaitu NA 33,3%, 41,6%, 45,8%, 54,1%, 62,5%, 75%, 87,5%, 95,8% dan YY 20,8%, 29,1%, 33,3%, 41,6%, 58,3%, 66,6%, 79,2%, 83,3%. Berdasarkan dari data diatas, kesimpulan dari keterampilan membuat makanan praline isi kacang tanah mengalami peningkatan yang signifikan melalui pendekatan keterampilan proses.


Keywords


Praline; Pendekatan Keterampilan Proses; Anak Tunarungu

References


Arikunto , Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Damri, dkk. (2017). Hubungan Self-Efficacy dan Prokrasitinasi Akademik Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. Jurnal Edukasi Bimbingan Konseling. 74-95.

Marlina. 2015. Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Rangkuti, S. 2013. Umur Simpanan Soyghort Probiotik Sebagai Filler Cokelat Praline. Fakultas Pertanian ,Universitas Riau : Riau.

Subana & Sunarti. 2000. Strategi Belajar Mengajar, Berbagai Pendekatan Metode Teknik dan Media Pengajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Sulistyowati,wiwiek.2018.Cokelat Praline Lezat Memikat.Jakarta:PT.Buku Seru.

Yunus, Markis & Ardisal. (2014).Pendidikan Anak Dengan Hambatan

Pendengaran.Padang : Sukabina Press.


Article Metrics

 Abstract Views : 233 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.