Efektivitas Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bagian-Bagian Tubuh pada Siswa Tunagrahita Ringan

Yuvika Sari(1), Kasiyati Kasiyati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Artikel ini memuat tentang efektivitas media pop-up book untuk meningkatkan kemampuan mengenal bagian-bagian tubuh pada siswa tunagrahita ringan kelas I di SLB YAPPAT Lubuk Sikaping. Permasalahan yang ditemui yaitu seorang siswa tunagrahita ringan kelas I yang mengalami kesulitan dalam mengenal bagian-bagian tubuh, kesulitan yang dialami siswa diantaranya yaitu menunjukkan bagian-bagian tubuh, menyebutkan nama bagian-bagian tubuh serta mencocokkan gambar bagian-bagian tubuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis visual grafik. Berdasarkan hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi menyatakan bahwa kemampuan mengenal bagian-bagian tubuh siswa tunagrahita ringan meningkat secara positif setelah diberikan intervensi dengan menggunakan media pop-up book. Terbukti bahwa media pop-up book efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal bagian-bagian tubuh pada siswa tunagrahita ringan.


Keywords


media pop-up book, mengenal bagian-bagian tubuh, tunagrahita ringan

References


Arsyad, A. (2016). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asyhar, R. (2011). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Bluemel, N. L., & Taylor, R. H. (2012). Pop-up books: A guide for teachers and librarians. California: ABC-CLJO-LLC.

Dzuanda. (2011). Perancangan buku cerita anak pop-up tokoh-tokoh wayang berseri, seri ”gatotkaca”. Jurnal Library ITS Undergraduate.

Sunanto, J. (2005). Pengantar penelitian dengan subjek tunggal. Universitas Tsukuba: Crice.

Syaifuddin. (2009). Anatomi tubuh manusia untuk mahasiswa keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Wiyani, N. A. (2014). Buku ajar penanganan anak usia dini berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Article Metrics

 Abstract Views : 2488 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 608 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.