Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak autis melalui keterampilan shibori. Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran keterampilan di SLB Autisma YPPA Padang adalah siswa yang mengalami hambatan pada kemampuan motorik halusnya seperti kesulitan dalam mengikat, menulis, melipat, menggunting dan lain-lain, juga pembelajaran yang diberikan guru tentang shibori kurang bervariasi dikarenakan masih minimnya pengetahuan guru tentang shibori. Hal ini dibuktikan dengan hasil guntingan anak yang tidak rapi, hasil lipatan tidak simetris,hasil ikatan tidak kuat dan kemampuan anak masih rendah dalam keterampilan membuat shibori. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini dilakukan untuk membuktikan bahwa keterampilan shibori dapat meningkatkan kemampuan motorik halus untuk anak autis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa keterampilan shibori dapat meningkatkan kemampuan motorik halus bagi anak autis di SLB Autisma YPPA Padang.