The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan efektivitas permainan ular tangga terhadap peningkatan berbahasa ekspresif anak autis. Subjek penelitian adalah anak autis perempuan berumur 7 tahun yang bersekolah di SD Islam Kreatif Makkah Padang dan SLB Khansa kota Padang. Metode penelitian ini menggunakan single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil dari penelitian dilakukan menunjukkan bahwa intervensi menggunakan permainan ular tangga memberikan pengaruh terhadap kemampuan berbahasa ekspresif pada anak autis. Hasil tersebut dibuktikan dengan Persentase overlape dari perbandingan intervensi (B) : baseline (A1)  dan intervensi (B): baseline (A2) sama-sama di peroleh hasil sebesar 0%. Dari persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan ular tangga efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif anak autis.


Keywords


Permainan, ular tangga, berbahasa ekspresif, anak autis.