Snake And Ledder Game; Solusi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Ekspresif Anak Autis

Weni Nofrida Yanti(1), Elsa Efrina(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan efektivitas permainan ular tangga terhadap peningkatan berbahasa ekspresif anak autis. Subjek penelitian adalah anak autis perempuan berumur 7 tahun yang bersekolah di SD Islam Kreatif Makkah Padang dan SLB Khansa kota Padang. Metode penelitian ini menggunakan single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil dari penelitian dilakukan menunjukkan bahwa intervensi menggunakan permainan ular tangga memberikan pengaruh terhadap kemampuan berbahasa ekspresif pada anak autis. Hasil tersebut dibuktikan dengan Persentase overlape dari perbandingan intervensi (B) : baseline (A1)  dan intervensi (B): baseline (A2) sama-sama di peroleh hasil sebesar 0%. Dari persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan ular tangga efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif anak autis.


Keywords


Permainan, ular tangga, berbahasa ekspresif, anak autis.

References


Hodjati, M., & Khalilkhaneh, M. (2017). Assessing the Effectiveness of Holistic Multidimensional Treatment Model ( Hojjati Model ) on Receptive and Expressive Language Skills in Autistic Children. Int Journal Pediatrics, 5(41), 4877–4888. https://doi.org/10.22038/ijp.2017.8616

Irdamurni. (2018). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. (N. J. & Megaiswari, Ed.). Kuningan: Goresan Pena.

Isnaini, W. (2014). Pengaruh permainan ular tangga terhadap peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak autis. Ortopedagogia, 1(3), 231–237.

Nugrahani, R. (2007). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 36(1), 36.

Sadjaah, E. (2005). Pendidikan Bahasa Bagi Anak Gangguan Pendengaran dalam Keluarga. Jakarta: Direktur Pembina Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Tsukuba: CRICED.


Article Metrics

 Abstract Views : 760 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 311 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.