The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk persiapan, pelaksanaan serta evaluasi hasil belajar kelayan gangguan penglihatan di kelas persiapan PSBN Tuah Sakato Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di kelas persiapan PSBN Tuah Sakato Padang. Subjek penelitian yaitu instruktur keterampilan kehidupan sehari-hari dan kelayan gangguan penglihatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persiapan keterampilan kehidupan sehari-hari dalam mencuci pakaian dilakukan dengan mempersiapkan alat dan bahan serta sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan tersebut. Dalam pelaksanaannya, instruktur menggunakan silabus yang berpedoman kepada buku panduan KKS untuk menentukan tujuan, materi, metode serta media yang disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi kelayan gangguan penglihatan dengan menggunakan pendekatan individual. Hasill evaluasi dilakukan setelah proses pembelajaran. Alat evaluasi yang digunakan adalah non tes dan tes. Penilaiannya dilakukan baik pada saat proses pembelajaran ataupun diluar proses pembelajaran.


Keywords


Keterampilan Kehidupan Sehari-hari; Mencuci Pakaian; Kelayan Gangguan Penglihatan