Pelaksanaan Keterampilan Kehidupan Sehari-hari dalam Mencuci Pakaian Kelayan Gangguan Penglihatan Kelas Persiapan X di PSBN Tuah Sakato Padang

M Ridoan Lubis(1), Damri Damri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk persiapan, pelaksanaan serta evaluasi hasil belajar kelayan gangguan penglihatan di kelas persiapan PSBN Tuah Sakato Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di kelas persiapan PSBN Tuah Sakato Padang. Subjek penelitian yaitu instruktur keterampilan kehidupan sehari-hari dan kelayan gangguan penglihatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persiapan keterampilan kehidupan sehari-hari dalam mencuci pakaian dilakukan dengan mempersiapkan alat dan bahan serta sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan tersebut. Dalam pelaksanaannya, instruktur menggunakan silabus yang berpedoman kepada buku panduan KKS untuk menentukan tujuan, materi, metode serta media yang disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi kelayan gangguan penglihatan dengan menggunakan pendekatan individual. Hasill evaluasi dilakukan setelah proses pembelajaran. Alat evaluasi yang digunakan adalah non tes dan tes. Penilaiannya dilakukan baik pada saat proses pembelajaran ataupun diluar proses pembelajaran.


Keywords


Keterampilan Kehidupan Sehari-hari; Mencuci Pakaian; Kelayan Gangguan Penglihatan

References


Anas, S. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Damri, & Ardisal. (2013). Pelaksanaan Pembelajaran Siswa Berkebutuhan Khusus di SMK NEGERI. 4 PADANG, XIII(1), 105–109.

Daryanto, H. (2010). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Sosial RI. (2003). Panduan Pelaksanaan Keterampilan Kehidupan Sehari-hari Penyandang Cacat Netra. Bandung: Departemen Sosial RI Direktorat Jenderal Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Penyandang Cacat 2003 (tidak diterbitkan).

Djemari, M. (2004). Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi, Seminar Nasional Rekayasa Sistem Penilaian dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: HAPY.

Hadi, P. (2005). Kemandirian Tunanetra. Jakarta: Depdiknas.

Hardywinoto, S. (2005). Panduan Gerontologi. Jakarta: Gramedia.

Harjanto. (1997). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Kurniawan, I. (2015). Implementasi Pendidikan Bagi Siswa Tunanetra Di Sekolah Dasar Inklusif. Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam, 04.

Minarti, S. (2011). Manajemen Sekolah (Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mumpuniarti. (2003). Ortodidaktik Tunagrahita. Yogyakarta: FIP UNY.

Nawawi, A. (2010). Keterampilan Kehidupan Sehari-hari bagi Tunanetra, Activity of Daily Living Skills (ADL). Bandung: Jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Pendidikan Indonesia.

Rejokirono. (2009). Bina Diri. DIY: Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zainul, A. (2004). Evaluasi dalam Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

 Abstract Views : 867 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 241 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.