Meningkatkan Keterampilan Membuat Dendeng Daun Singkong Melalui Strategi Mastery Learning Bagi Anak Tunarungu

Rizki Khairani(1), Asep Ahmad Sopandi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses meningkatkan keterampilan membuat dendeng daun singkong melalui strategi mastery learning. Latar belakang penelitian ini adalah ditemukan 2 orang siswa tunarungu kelas VII Slb Yappat Lubuk Sikaping yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran keterampilan memasak, membuat dendeng daun singkong, berdasarkan hasil pengamatan diketahui siswa kurang menguasai langkah-langkah dalam membuat dendeng daun singkong. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mencoba menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, strategi mastery learning merupakan salah satu strategi yang cocok diterapkan dalam pembelajaran keterampilan, karena strategi mastery learning menekankan pada ketuntasan hasil belajar, sehingga dirasa cocok digunakan dalam pembelajaran keterampilan yang menuntut penguasaan materi hingga dirasa tuntas atau mampu dilakukan secara mandiri.

.


Keywords


Strategi mastery learning, dendeng daun singkong, tunarungu

References


Ahmadi, I. K., Amri, S., & Elisah, T. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Firdausni, F., & Anova, I. T. (2015). Pemanfaatan Daun Ubi Kayu Menjadi Dendeng Sebagai Makanan Alternatif Vegetarian Pengganti Protein. Jurnal Litbang Industri, 5(1), 61. https://doi.org/10.24960/jli.v5i1.662.61-69

Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.

Muhadi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Shira Media.

Sutjihati, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarsih, M. (2007). Intervensi Dini Bagi Anak Tunarungu Dalam Pemerolehan Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Yudhistira, D. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang Apik. Jakarta: PT. Grasindo.


Article Metrics

 Abstract Views : 579 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 318 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.