Efektivitas Media Sentence Scramble Games dalam Meningkatkan Kemampuan Sintaksis Bagi Anak Tunarungu

Riza Asri Yeta(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Artikel ini memuat tentang efektivitas media sentence scramble games dalam meningkatkan kemampuan sintaksis bagi anak tunarungu kelas III SLB N 1 Harau. Yang diangkat dari permasalahan yang ada di lapangan, yaitu seorang anak tunarungu kelas III di SLB N 1 Harau yang mengalami kesulitan dalam bidang sintaksis, walaupun sebelumnya telah diajarkan dengan menggunakan media kartu kata. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR) dengan disain penelitian multiple baseline cross conditions. Subjek penelitiannya adalah seorang anak tunarungu. Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis dan alat pengumpulan data menggunakan lembar kerja siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data visual grafik. Berdasarkan hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi di ruang kelas, ruang komputer, dan asrama menyatakan bahwa kemampuan sintaksis anak tunarungu meningkat secara positif setelah diberikan intervensi dengan menggunakan media sentence scramble games. Terbukti bahwa media sentence scramble games efektif dalam meningkatkan kemampuan sintaksis bagi anak tunarungu.

Keywords


Tunarungu, sintaksis, sentence scramble games

References


Chaer, A. (2009). Sintaksis bahasa indonesia (pendekatan proses). Jakarta: Rineke Cipta.

Iswari, M. (2017). Career Guidance Model in Independence of Deaf Children in Time After Special Senior High School. ICSAR, 1(2), 1–3.

N, Y. I., Alawiyah, S., Widianti, R., A, T. D., & M, A. A. (2014). Sentence Scramble Game: Media Pembelajaran sintaksis pada Anak Tunarungu Tingkat Sekolah Dasar. Pelita-Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, IX(1), 100–112.

Normawati, Y. I., Alawiyah, S., Sutanto, E., M.S, M. M., & Mukaromah, V. L. (2015). Pelatihan dan Pendampingan Sentence Scramble Games Sebagai Media Pembelajaran Sintaksis Anak Tunarungu. Pelita-Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, X(2), 94–104.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI Press.

Winarsih, M. (2007). Intervensi Dini Bagi Anak Tunarungu dalam Pemerolehan bahasa. Jakarta: Depdikbud Dirjendikti Direktorat Ketenagaan.


Article Metrics

 Abstract Views : 613 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.