Persepsi Guru dalam Pembelajaran terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di SD Negeri Timpeh Dhamasraya

Dewi Susilawati(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana persepsi guru terhadap anak berkebutuhan khusus. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif, pengumpulan data dilakukandengan cara membagikan angket. Angket diberikan kepada semua guru, dan dari angket inilah kita mengetahui sejauh mana persepsi guru terhadap anak berkebutuhan. Analisis data menunjukkan, persentase tentang persepsi guru terhadap ABK 34,6% tergolong setuju, dan 8,6% tergolong tidak setuju, persentase persesi guru terhadap berkebutuhan khusus matematika 51,6% tergolong setuju, dan 44,44% tergolong tidak setuju, persentase guru tentang anak berkebutuhan khusus bahasa 51,1% tergolong setuju, dan 2,2% tergolong tidak setuju, persepsi guru tentang program pembelajaran ABK 52% tergolong ragu-ragu, dan 3% tergolong tidak setuju, persepsi guru tentang strategi pembelajaran ABK 51,6% tergolong ragu-ragu, 3,3% tergolong setuju, persepsi guru tentang pengunaan media ABK 80,6% tergolong ragu-ragu, dan 7,77% tergolong sangat setuju, persepsi guru terhadap evaluasi ABK 51,6% tergolong ragu-ragu, dan 2% tergolong sangat setuju

Keywords


Persepsi guru, anak berkebutuhan khusus

References


Desmita. (2011). psikologi komunikasi. psikologi komunikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2010). belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. In belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Elekmedia Komputindo.

Suparlan. (2008). menjadi guru efektif. In menjadi guru efektif. Jakarta: Hikayat Publishing.


Article Metrics

 Abstract Views : 437 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.