Meningkatkan Keterampilan Menggunakan Program Jaws Melalui Tutor Sebaya Bagi Anak Tunanetra

Riska Nadia Utami(1), Yarmis Hasan(2), Safaruddin Safaruddin(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya siswa tunanetra kelas IX di SLB Wacana Asih Padang yang belum menguasai cara menggunakan program jaws yang baik. Siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan shortcut yang memudahkan dalam menggunakan program jaws.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas, sebagai subjek peneliti yaitu satu orang anak tunanetra kelas IX. Peneliti bertindak sebagai pemberi tindakan, sedangkan guru sebagai pengamat. Dalam penelitian ini data yang diperoleh melalui observasi, maupun tes perbuatan dan kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.

Hasil belajar menggunakan program jaws  anak tunanetra kelas IX melalui tutor sebaya mengalami peningkatan, setelah diberikan tindakan hasil belajar FF mengalami peningkatan ada siklus I 65% dan siklus II 90%. Dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa tutor sebaya dapat meningkatkan keterampilan menggunakan program jaws bagi anak tunanetra kelas IX di SLB Wacana Asih Padang.


Keywords


Tunanetra, jaws, tutor sebaya

References


Arjanggi, R. (2010). METODE PEMBELAJARAN TUTOR TEMAN SEBAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERDASAR REGULASI-DIRI The Effectiveness of Peer Tutoring Method on Self-Regulated Learning Abstract, 14(2), 91–97.

Baharudin, E. (2006). PEMANFAATAN SOFTWARE UNTUK TUNANETRA DALAM Pendahuluan Tinjauan Teori, 4(2), 122–127.

Hadi, P. (2005). Kemandirian Tunanetra Orientasi Akademik dan Orientasi Sosial. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kunandar. (2016). Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muhadi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Shira Media.

Rijalullah. (2003). Model Pembelajaran Tutorial Sebaya Pembelajaran BTQ. STAINU.

Safaruddin, M. Y., & Efrina, E. (2013). PENGARUH PROGRAM JAWS TERHADAP KEMAMPUAN MENGETIK PADA TUNANETRA DI PSBN TUAH SAKATO PADANG. Jurnal Pendidikan Khusus, 2(3).

Suharmini, A., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus : Cara Membantu Mereka Agar Berhasil Dalam Pendidikan Inklusi. Padang: UNP Press.

Suyadi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Andi Offcet.

Yudhistira, D. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang Apik. Jakarta: PT. Grasindo.


Article Metrics

 Abstract Views : 308 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.