Pengembangan Modul Pembelajaran Operasi Dasar PLC Berbasis Masalah untuk Sekolah Menengah Kejuruan

Zulfikar Lubis(1), Habibullah Habibullah(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.109786

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram yang valid dan praktis untuk digunakan oleh peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop) dan tahap penyebaran (Disseminate). Subek penelitian ini adalah modul pembelajaran berbasis masalah, sedangkan guru mata pelajaran sistem kontrol terprogram sebagai responden untuk memberikan penilaian terhadap praktikaliatas modul pembelajaran. Data diambil menggunakan lembar atau angket untuk validasi dan praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata validitas dengan kategori valid. Responden guru terhadap kepraktisan modul pembelajaran dengan kategori sangat praktis. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran operasi dasar PLC berbasis masalah dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam proses belajar mengajar untuk mata pelajaran sistem kontrol terprogram.


Keywords


Problem Based Learning Modules, Programmable Logic Controller

References


I. K. A. Winaya, I. G. M. Darmawiguna, and I. G. P. Sindu, “Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X Di Smk Negeri 3 Singaraja,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 13, no. 2, pp. 198–211, 2016.

Y. Sahuri, H. Habibullah, and C. Dewi, “Korelasi Input Siswa Tahun Pertama Jurusan Teknik Listrik SMK Dengan Capaian KKM Tahun Pertama,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 6, no. 2, p. 219, 2020.

S. Sukardi, D. Puyada, R. E. Wulansari, and D. T. P. Yanto, “The Validity of interactive Instructional Media on Electrical Circuits at Vocational High School and Technology,” 2nd INCOTEPD, vol. 2017, pp. 21–22, 2017.

O. Candra, C. Dewi, D. T. P. Yanto, and H. Hastuti, “The Implementation of Power Electronics Training to Enhance Student Learning Activities in the Power Electronics Learning Process,” Int. J. Innov. Creat. Chang., vol. 11, no. 4, pp. 362–373, 2020.

C. Syihab and M. Ali, “Pengembangan Modul Pembelajaran Gambar Teknik Autocad Berbasis Project Based Learning Untuk SMK Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik,” J. Pendidik. Tek. Mekatronika, vol. 8, no. 4, pp. 327–334, 2018.

R. F. D. Awaluddin and P. Wanarti, “PLC UNTUK SMK RADEN PATAH KOTA MOJOKERTO Rafiqul Fahmi Dian Awaluddin,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 05, no. 03, pp. 711–716, 2016.

S. J. Choi, J. C. Jeong, and S. N. Kim, “Impact of vocational education and training on adult skills and employment: An applied multilevel analysis,” Int. J. Educ. Dev., vol. 66, no. March, pp. 129–138, 2019.

M. Korber and D. Oesch, “Vocational versus general education: Employment and earnings over the life course in Switzerland,” Adv. Life Course Res., vol. 40, pp. 1–13, 2019.

D. Mahadiraja and Syamsuarnis, “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik T . P 2019 / 2020 di SMK Negeri 1 Pariaman,” vol. 06, no. 01, pp. 77–82, 2020.

Mustaji, Pembelajaran Mandiri. Surabaya: Unesa FIP, 2008.

P. Andi, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press, 2011.

F. Eliza, Hastuti, D. E. Myori, and D. T. P. Yanto, “Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuruan melalui Pelatihan Software Engineering,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. V, no. 1, pp. 37–45, 2019.

O. Candra, D. T. P. Yanto, and F. Ismanto, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Praktikum Inkuiri untuk Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik,” vol. 6, no. 1, pp. 62–74, 2020.

D. T. P. Yanto, S. Sukardi, and D. Puyada, “Effectiveness of Interactive Instructional Media on Electrical Circuits Course : The Effects on Students Cognitive Abilities,” Proc. 4rd Int. Conf. Tech. Vocat. Educ. Train., vol. 2017, pp. 75–80, 2017.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

T. Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana, 2009.

A. Saifudin, Validitity dan Reliability. Jakarta: Rineka Ciipta, 2001.

Riduwan, Sekala Pengukuran Variabel. Bandung: Alfabeta, 2010.

H. Hamdani, D. T. P. Yanto, and R. Maulana, “Validitas Modul Tutorial Gambar Teknik dan Listrik dengan Autocad,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 19, no. 2, pp. 83–92, 2019.

C. Dewi, D. T. P. Yanto, and H. Hastuti, “The Development of Power Electronics Training Kits for Electrical Engineering Students : A Validity Test Analysis,” vol. 3, no. 2, 2020.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2010.

D. T. P. Yanto, “Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 19, no. 1, pp. 75–82, 2019.


Article Metrics

 Abstract Views : 494 times
 PDF Downloaded : 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.