Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas model pembelajaran Project based learning melalui Meta Analisis. Penelitian ini menggunakan metode Meta Analisis dengan Kajian Literatur (literature research). Subjek penelitian ini adalah Peneliti sendiri, yang akan menganalisis penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan Efektivitas model pembelajaran Project based learning dengan Meta Analisis. Data penelitian diambil dari jurnal dan internet yang diperoleh, selanjutnya dideskripsikan untuk menggambarkan dan menggabungkan dari hasil setiap penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, Meta analisis dapat dilakukan dengan beberapa tahap yaitu mendefinisikan masalah, mengumpulkan literatur yang tersedia, mengonversi serta mengoreksi informasi, mendeskripsikan pada setiap data yang didapat, tahap terakhir mempertimbangkan efektivitas pada studi yang telah diamati serta hasil berupa kesimpulan penelitian. Dari berbagai jurnal yang diperoleh untuk mengetahui Efektivitas model pembelajaran Project based learning dapat dilihat dari tujuan penelitian, desain penelitian, populasi penelitian, teknik pengumpulan data, dan analisa data. Menggunakan Meta Analisis membantu peneliti untuk menggabungkan hasil penelitian yang diperoleh. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan, bahwa berdasarkan meta analisis Efektivitas model pembelajaran project based learning dapat dilakukan melalui beberapa tahap, meta analisis Efektivitas model pembelajaran project based learning digunakan untuk menganalisis serta menggabungkan berdasarkan hasil temuan dari beberapa penelitian yang sejenis.


Keywords


Meta-Analysis, Effectiveness, Project-Based Learning