Pengembangan Media Interaktif Microsoft Power Point Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik di SMKN 1 Guguak

Rizki Prima Putra(1), Hendri Hendri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.109242

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurang efektifnya media yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran PDE. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Dessiminate). Subjek penelitian ini adalah media interaktif Microsoft Power Point pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik, yang dikembangkan pada kompetensi dasar mendeskripsikan penggunaan peralatan tangan (hand tools). Berdasarkan  hasil  penelitian  diperoleh  data  validitas  dari  tim  validator yaitu validator 1 sebesar 95.31% dan validator 2 sebesar 89.06% dengan kategori secara keseluruhan valid. Hasil praktikalitas guru diperoleh sebesar 95.83% dan siswa sebesar 94%. Hasil efektivitas 88%. Dengan demikian penelitian ini telah menghasilkan media interaktif dalam pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik yang valid, praktis dan efektif.


Keywords


Interactive Media, Microsoft Power Point, Electromechanical Basic Work

References


Trianto, “Model Pembelajaran Terpadu,” Konsep Strateg. dan Implementasinya dalam KTSP, 2014.

A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Perss, 2014.

Elfizon, M. Muskhir, and O. Candra, “Pengembangan Media Trainer Elektronika Dalam Pembelajaran Teknik Elektronika Pada Pendidikan Vokasi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang,” 2017.

Tejo Nurseto, “Membuat media pembelajaran yang menarik,” J. Ekon. dan Pendidik., 2011.

K. Krismadinata, E. Elfizon, and T. Santika, “Developing Interactive Learning Multimedia on Basic Electrical Measurement Course,” vol. 299, no. Ictvet 2018, pp. 305–308, 2019.

Susanti Novia and Elfizon Elfizon, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Prezi di SMK Negeri 1 Tanjung Raya,” vol. 5, no. 2, pp. 28–34, 2019.

Depdiknas, “Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,” Jakarta BNSP Depdiknas, 2006.

Aswardi, Riki Mukhaiyar, Elfizon, and Nellitawati, “Pengembangan Trainer Programable Logic Gontroller Sebagai Media Pembelajaran,” vol. V, no. 1, 2019.

Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara., 2011.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D,” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. pp. 283–393, 2013.

H. Uhyat, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D,” Metod. Penelit. Pendidik. Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D, pp. 283–393, 2013.

T. ibnu badar Al-Tabany, “Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual,” in PRENADAMEDIA GROUP, 2014.

S. Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

M. Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. 2014.


Article Metrics

 Abstract Views : 1069 times
 PDF Downloaded : 356 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.