Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan Metode Hazard and Operability

Hari Jumatul Ada(1), Hambali Hambali(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.109165

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai resiko, mengetahui tingkat resiko dan rekomendasi perbaikan dari setiap hazard yang ada di Bengkel dan Laboratorium Jurusan Teknik Elektro FT-UNP. Penelitian ini bersifat deskriptif, menggunakan metode hazard and operability (HazOp). Identifikasi bahaya menggunakan lembar HazOp berdasarkan titik kajian dari kegiatan yang di lakukan mahasiswa. Tahap selanjutnya adalah menilai resiko di setiap titik kajian pekerjaan dan memberikan rekomendasi perbaikan.  dengan memperhatikan titik kajian. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Teknik Elektro FT-UNP. Hasil dari penelitian menemukan 347 hazard di Jurusan Teknik Elektro FT-UNP. Berdasarkan penilaian tingkat resiko terdapat 5 yang tergolong “ekstrim”, 8 yang tergolong “Tinggi”, 3 yang tergolong “Sedang”, 7 yang tergolong “Rendah” di Laboratorium Factory Automation. 4 yang tergolong “ekstrim”, 24 yang tergolong “Tinggi”, 4 yang tergolong “Sedang” pada Laboratorium Dasar dan Pegukuran listrik. 17 yang tergolong “Ekstrim”, 20 yang tergolong “Tinggi”, 18 yang tergolong “Sedang”, 12 yang tergolong “Rendah” pada Bengkel Dasar Instalasi listrik. 41 yang tergolong “Ekstrim”, 30 yang tergolong “Tinggi”, 30 yang tergolong “Rendah” pada Bengkel Instalasi Listrik. 17 yang tergolong “Ekstrim”, 28 yang tergolong “Tinggi”, 4 yang tergolong “Sedang”, 7 yang tergolong “Rendah” di Laboratorium Konversi Energi Listrik. 16 yang tergolong “Ekstrim”, 21 tergolong “Tinggi”, 6 yang tergolong “Sedang”, 28 yang tergolong “Rendah” pada Laboratorium Kontrol dan Instrumen


Keywords


Occupational Health and Safety, K3, hazop, hazard, risk level.

References


Irzal, “Dasar-Dasar Kesehatan dan Keselamatan Kerja”, Jakarta: Kencana, 2016.

UNSW health and safety, “Risk management Program. Canberra: University of New South Wales, 2008.

Hambali, “Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Hukum Ketenagakerjaan”, Padang: Sukabima Press, 2018.

Syamsuarnis, Ahyanuardi, “Teknik Iluminasi”, Padang: UNP PRESS, 2013.

Munawir, A, “HAZOP, HAZARD VS JSA, Migas Indonesia, 2010.

M.Bakrun, “Moderrnisasi Bengkel Laboratorium Kejuruan Abad 21”, Direktorat Pembina Sekolah Menengah Kejuruan.

International Labor Organization, “ Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Tempat Kerja”, Jakarta: ILO Cataloguing in Publication Data, 2009.

Setiono, Widi Agus. “Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan Metode Hazard and Operability”. Pendidikan Teknik Elektro : Jurnal UNY, Vol.7, No.5, Oktober 2017.

Yuliana, Hambali, “Pengembangan Job sheet Pratikum sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik”. Teknik elekro : JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional) Vol 6, No 1, Januari 2020.

Renol Fetra, Hambali, “Sistem Otomasi Penyalaan Lampu dan AC (Air Condotioner) Ruang Dosen Berbasis Arduino Uno”. Teknik Elektro Industri : JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional) Vol 6, No 1, Januari 2020.

Haryono Suyono, Hambali, “Perancangan Alat Pengukur Kadar Gula dalam Darah Menggunakan Teknik Non-Invasive Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno”, Teknik elekro : JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional) Vol 6, No 1, Januari 2020.

Muhammad Adhib Eriansyah, Hambali, “Automatic Tomatoes Plant Watering System using Internet of things”, Vol 6, No 1, Februari 2020.

Nirman Mikel, “Berita/Angka Keecelakaan Kerja.

www.bpjsketenagakerjaan.go.id (10 September 2019)


Article Metrics

 Abstract Views : 1231 times
 PDF Downloaded : 511 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.