Aplikasi Pengontrolan Lampu dan Motor DC Berbasis Arduino

Sryanovi Muliarni(1), Irma Husnaini(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.109159

Full Text:    Language : en

Abstract


Perkembangan teknologi pada saat ini sangat pesat membuat  banyak tuntutan untuk membuat teknologi yang berguna bagi banyak masyarakat. Meningkatnya kebutuhan akan   peralatan rumah tangga seperti smart tv, Air conditioner, lemari es, water heater, microwave dan mesin pencuci piring  dan meningkatnya  aktifitas sehari-hari  membuat masyarakat sering lupa untuk  mematikan peralatan rumah tangga yang dapat mengakibatkan kebakaran dikarenakan konsleting listrik. Pengontrolan  jarak jauh merupakan salah satu  cara untuk mengendalikan peralatan listrik.  Tulisan ini bertujuan merancang aplikasi pengontrolan lampu dan motor DC dari jarak jauh. Alat ini menggunakan aplikasi   android  yang dihubungkan dengan module bluetooth.  Pada saat bluetooth sudah terhubung dan menekan tombol on pada aplikasi android maka relay aktif untuk menghidupkan lampu AC dan mengaktifkan IC L293D untuk mengatur arah putar motor. Hasil pengujian alat pengontrolan lampu dan motor DC yang dibuat  diperoleh alat mampu  menghidupkan atau mematikan lampu menggunakan android dengan komunikasi bluetooth. Serta dapat mengontrol arah putaran motor DC dan mematikannya. Sedangkan alat dapat dioperasikan dalam jarak  9 meter dengan penghalang dan 12 meter tanpa penghalang.

 


Keywords


Bluetooth,Motor Dc,Lampu AC,Android

References


. Dahlia, L. Aplikasi kendali jarak jauh untuk peralatan rumah tangga dengan sistem online. 2014.

. Arisandi, Effendi Dodi. Kemudahan Pemrograman Mikrokontroller Arduino Pada Aplikasi Wahana Terbang. Setrum: Sistem Kendali-Tenaga-elektronika-telekomunikasi-komputer, 2016, 3.2: 114-117.

. Fahruroji, Y. Perancangan sistem kontrol ruang menggunakan arduino. 2017.

. Kho, D.(2017).(online) Pengertian relay. http://teknikelektronika.com/pengertian-relay-fungsi-relay/.diakses 20 Juni 2020

. Kho,D.(2015).(online),Strukturrelay.http://teknikelektronika.com/wpcontent/uploads/2015/03/

StruktuRelay.diakses 20 Juni 2020

. KURNIAWAN, Wahyu Dwi; BUDIJONO, Agung Prijo. Pengembangan perangkat pembelajaran mekatronika berbasis komputer pokok bahasan programmable logic controller berorientasi pada pembelajaran langsung. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 2013, 21.3.

. c. hendrianto, "https://candraherdianto.blogspot.com/2017/01/arduino-untuk-pemula-bagian-7-driver.html," [Online].

. Nikodemus. Pemograman Android dengan APP Inventor.Yogyakarta: CV Andi Offset. 2013.


Article Metrics

 Abstract Views : 840 times
 PDF Downloaded : 244 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.