Pengembangan Modul Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Untuk Kelas X TITL SMK Negeri 1 Padang

Yermon Zega(1), Fivia Eliza(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.109033

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan Model 4D. Subjek penelitian ini siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Padang yang terdaftar pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh validitas modul pembelajaran adalah 90,66% dengan kategori valid. Uji Praktikalitas dengan reponden guru adalah 87,61% dan siswa nilai rata-rata 90,16% menyatakan modul pembelajaran DLE adalah sangat praktis. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran DLE adalah valid dan praktis dalam proses belajar mengajar untuk Dasar Listrik dan Elektronika.


Keywords


Pengembangan, Modul Pembelajaran DLE, Validitas dan Praktikalitas

References


Dina Indriana. Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: DIVA Press, 2011.

Irza Maudinah. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Semester Ganjil kelas X TITLA SMK Negeri 1 Padang. Padang: E-Journal UNP, 2017.

P. R. Indonesia. Peraturan Pemerintah nomor 19 tentang Standar Nasional Pendidikan, 2005.

Isjoni. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik cetakan ke-1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Oemar Hamalik. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

D.P. Nasional. Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Depdiknas, 2008.

Daryanto. Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Mustaji. Pembelajaran mandiri. Surabaya: Unesa FIP, 2008.

Riduwan. Skala Pengukuran Variable-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2010.


Article Metrics

 Abstract Views : 1439 times
 PDF Downloaded : 457 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.