Rancang Bangun AC to AC Converter Tiga Fasa dengan Visual Basic

Samira Laila Luthfiani(1), Krismadinata Krismadinata(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.108705

Full Text:    Language : en

Abstract


Pada penelitian ini membahas pemanfaatan teknik pengontrolan interfacing dari sebuah konverter AC-AC tiga fasa (AC Chopper). Pengontrolan fasa tersebut memberikan kemudahan dalam sistem pengendalian tegangan AC. Tegangan keluaran AC didapatkan melalui konversi daya AC dengan mengubah nilai rms tegangan AC yang dicatukan pada beban dengan menggunakan thyristor jenis SCR sebagai sakelar. Dari kegunaan sinyal AC mengubah tegangan keluaran dengan frekuensi fundamental yang tetap, tegangan keluaran konverter AC ini dipicu oleh sudut dua buah SCR yang terhubung antiparalel dengan zero crossing detector sebagai persilangan titik nol pada tiap fasa. Pada penelitian ini akan dirancang sebuah rangkaian konverter AC tiga fasa bertegangan rendah 12VAC dengan interfacing Visual Studio 2012. Pengaturan tegangan diatur oleh potensiometer yang diprogram pada Arduino Uno dan ditampilkan pada PC(Personal Computer). Konverter AC tiga fasa ini menggunakan tiga buah beban resistif terhubung bintang dan masing-masing hasil tegangan keluaran dideteksi oleh sensor zmpt101b.


Keywords


AC converter, SCR, Zero Crossing Detector, Gate Driver, Arduino Uno, Visual Studio 2012.

References


Rashid, Muhammad, “Power Electronics Circuits, Devices, And Applications,” (Third edition). Oxford: Eselvier Publisher. 2011.

J. R. Espinoza and G. Joos, “A Current Source Inverter Fed Induction Motor Drive System With Reduced Losses,” IEEE Trans. on Industry Applications, Vol. 34, No. 4, pp. 796-805, 1998.

W. Hart, Daniel, “Power Electrinocs: AC Voltage Controller,” New York: The McGraw-Hill Companies. 2012.

Trzynadlowski, Andrej, “Introduction to Modern Power Electronics”(Third edition). New Jersey: John Wiley & Sons. 2016.

Pratiwi Surya, Indah, “Perancangan dan Analisis Back to Back Thyristor Untuk Regulasi Tegangan AC Satu Fasa” Banda Aceh: Jurnal Teknik Elektro Universitas Syiah Kuala, 2017.

Sangshin Kwak, “Design and Analysis of Modern Three-Phase AC/AC Power Converters For AC Drives and Utility Interface. Dept. of Electrical Eng., Kyungpook National University., Korea, 2005. (Thesis or dissertation)


Article Metrics

 Abstract Views : 933 times
 PDF Downloaded : 403 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.