Perancangan Penyortiran Barang Berdasarkan Berat dengan Sistem Pick And Place Berbasis Mikrokontroler

Fajrian Ramadhan(1), Ta'ali Ta'ali(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.108605

Full Text:    Language : en

Abstract


Dalam dunia industri diperlukan suatu alat yang mampu beroperasi dengan cepat dan tepat sehingga proses produksi dapat berjalan dengan lebih efektif dan  efisien. Perancangan penyortiran barang berdasarkan berat dengan sistem pick and place berbasis mikrokontroler ini bertujuan agar mampu mengklasifikasikan benda berdasarkan berat agar tertata berdasarkan beratnya masing masing. Mikrokontroler ATmega32(Arduino Uno) berfungsi sebagai pusat kontrol sistem, Sensor load cell sebagai sensor pendeteksi berat benda, Motor DC sebagai penggerak konveyor dan motor servo sebagai penggerak dari sistem pick and place yaitu pergerakan  lengan robot untuk memindahkan benda yang telah terdeteksi beratnya sesuai dengan yang telah ditentukan. Melalui tahapan proses perancangan mekanik dan pemograman sistem dengan menggunakan program dari Arduino IDE, serta hasil dari pengujian dan analisa data didapatkan sistem yang dapat bekerja dengan baik dan kontinu. Meskipun sistem dirancang hanya berupa prototype namun dengan menggunakan perangkat dengan standar industri bisa diaplikasikan dalam mendukung kerja dalam bidang industri yang otomatis dan efisien.

 


Keywords


Mikrokontroler, Load Cell, Motor DC, Motor Servo

References


E. Gunawan and A. B. Maulana, “Rancang Bangun Prototype Sistem Penyortiran Barang Melalui Kode Warna (Ourcode) Berbasis Arduino Uno,” J. Cahaya Bagaskara, vol. 1, no. 1, pp. 22–29, 2017.

Y. Mandari and T. Pangaribowo, “Rancang Bangun Sistem Robot Penyortir Benda Padat Berdasarkan Warna Berbasis Arduino,” J. Teknol. Elektro, vol. 7, no. 2, pp. 106–113, 2016, doi: 10.22441/jte.v7i2.832.

Juli Sardi, Mhd Iqbal, Ali Basrah Pulungan, Habibullah, “Pemograman Alat Penimbang Dan Packing Beras Berbasis Mikrokontroler,” vol. 5, no. 2 pp. 1–10, 2019.

A. Fikri, R. Susana, and D. Nataliana, “Monitoring Model Sistem Pengepakan dan Penyortiran Barang Berbasis SCADA,” J. Reka Elkomika, vol. 2, no. 4, pp. 285–300, 2014.

I. H. Pranata and Nurhayati, “Rancang Bangun Alat Pemilah Dan Penghitung Barang dengan Menggunakan Laser Berbasis Mikrokontroler,” pp. 1–6.

Muhammad Syahwil, Panduan Mudah Simulasi & Praktek Mikrokontroler Arduino. Yogyakarta: Andi, 2013.

H. Ardiansyah, N. Taryana, and D. Nataliana, “Perancangan Simulator Sistem Pengepakan dan Penyortiran Barang berbasis PLC Twido,” J. Reka Elkomnika, vol. 1, no. 4, pp. 373–385, 2013.

Chomy Dwi Alel, Aswardi, “Rancang Bangun Buka Tutup Pintu Air Otomatis pada Irigasi Sawah Berbasis Arduino dan Monitoring Menggunakan Android,” vol. 06, no. 01, pp. 167–178, 2020.


Article Metrics

 Abstract Views : 1255 times
 PDF Downloaded : 544 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.