Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Pembelajaran Kreatif dan Produktif di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Imil Fajri(1), Asnil Asnil(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.108602

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis pembelajaran Kreatif dan Produktif pada mata mata pelajaran pekerjaan dasar elekromekanik di kelas X TITL SMK Negeri 1 Sumatera Barat..Penelitian ini merupakan jenis penelitian Reserch and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada pengembangan model 4D dengan empat tahap pokok, yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Jenis data yang dipakai yaitu data kuantitatif dan pengumpulannya menggunakan instrumen angket. Adapun teknik analisa data dalam penelitian tersebut yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penilaian Validasi  materi yang mencakup aspek didaktik, konstruksi dan teknis mendapat skor rata-rata 0,83 dengan kriteria Valid. Kepraktisan media LKPD dilakukan oleh guru mata pelajaran dan siswa, dengan memperoleh rata-rata 97,45% dari guru dan siswa 86,09% dengan kriteria sangat Praktis yang artinya LKPD sangat layak diterapkan sebagai bahan ajar. Keefektivan media LKPD dapat terlihat dari hasil belajar siswa yang memperoleh ketuntasan belajar sebanyak 90%.


Keywords


Pengembangan LKPD, Kreatif dan Produktif

References


O. Candra, F. Eliza, S. Islami, and Y. Alisman, “Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Diklat Memperbaiki Motor Listrik Guna Peningkatan Hasil Belajar,” Perspektif, vol. X, no. 2, pp. 7–15, 2019.

S. Islami and S. Yondri, “Perbedaan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Konvensional,” in National Conference of Applied Engineering, Business and Information Technology, Politeknik Negeri Padang, 2016.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group, 2009.

O. Candra, A. B. Pulungan, F. Eliza, Elfizon, and Syamsuarnis, “Development of Miniature Secondary Network of Electric Power Distribution System as a Learning Media for Electrical Engineering Students,” in The 1st International Conference on Vocational Education and Technology, 2019.

Eka, Ria. Pengembangan LKS dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Life Skill pada Materi Logika Matematika di Kelas X SMK Kertanegara Kediri. Skripsi. Kendiri: Univeritas Kediri. 2016.


Article Metrics

 Abstract Views : 1650 times
 PDF Downloaded : 551 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.