Sistem Peringatan Otomatis pada Jalan Tikungan

Danni Maulana Ikhsan(1), Risfendra Risfendra(2),
(1) Universitas negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.108589

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem peringatan untuk keamanan pada jalan tikungan tajam. Yang mana pada indikator keamanan sebelumnya hanya menggunakan cermin cembung yang tidak efektif karena hanya menampilkan pantulan objek saat telah mendekati tikungan serta dapat terganggu fungsinya karena faktor cuaca atau alam. Maka dirancanglah sebuah sistem peringatan pada jalan dalam bentuk Hardware dan Software yang mana hardwarenya berupa sebuah miniatur jalan yang memproyeksikan bentuk jalan tikungan tajam serta rangkaian elektronik berupa sensor ultrasonik yang berfungsi sebagai pendeteksi kendaraan yang menuju tikungan tajam. Dengan Arduino Mega 2560 sebagai pusat kendali untuk memberi perintah pada Liquid Crystal Display, traffic light dan buzzer. Perancangan software berupa perancangan program Arduino IDE serta perancangan flowchart. Sensor mendeteksi kendaraan yang akan melewati tikungan dan LCD menampilkan peringatan yang diiringi aktifnya alarm dan perubahan lampu hijau menjadi merah pada traffic light. Dengan begitu pengendara dari arah yang berlawanan akan mendapatkan peringatan untuk berhenti sebelum melewati tikungan.


Keywords


Arduino Mega; Indikator Keamanan; Sensor Ultrasonik; Sistem Peringatan; Tikungan; Traffic Light.

References


Anwar, Ali Suryadi, “Analisis Kecelakaan Ditinjau Dari Faktor Kelengkapan Fasilitas Jalan Dan Geometrik,” Yogyakarta: Universitas Atma Jaya, 2012.

Desy Widianty, “Analisis Tingkat Penanganan Kecelakaan Pada Tikungan Berdasarkan Peluang Dan Resiko Akibat Defisiensi Jarak Pandangan Henti,” Balikpapan: Jurnal Politeknik Negeri Balikpapan, 2017.

S. Chitransh, A. Nikhil, J. B. M. Fervez, and B. Sachin, “Implementation Of Collision Avoidance System For Hairpin Bends In Ghats Using Proximity Sensors,”India: IJCESR (International Journal Of Current Engineering And Scientific Research), Vol. 3, Issue 11, 2016.

Risfendra, S. Juli, and Habibullah, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Pertumbuhan Berat dan Tinggi Balita Berbasis Data Pada Posyandu,” Padang: Jurnal Teknik Elektro Universitas Negeri Padang, 2019.

Widodo Budiharto, “Elektronika Digital Dan Micprosesor,” Yogyakarta: Andi Offset, 2003.


Article Metrics

 Abstract Views : 431 times
 PDF Downloaded : 193 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.