Abstract


Proses pembelajaran di SMKN 1 Pariaman masih terpusat pada pendidik dan dalam penyampaian materi pembelajaran pendidik hanya mengandalkan media papan tulis berbantuan bahan ajar seadanya, sehingga kurangnya partisipasi aktif siswa dan hasil belajar siswa banyak di bawah kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu digunakanlah pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media interaktif  untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk melihat seberapa besar efek dari model CPS berbantuan media interaktif  terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pre experimental dengan desain one group pretest posttest serta subjeknya siswa kelas X TITL 3. Instrumen yang digunakan adalah soal tes berbentuk soal esay. Data di analisis menggunakan rumus effect size. Berdasarkan hasil penelitian model Creative Problem Solving memiliki efek yang besar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMKN 1 Pariaman.


Keywords


Creative Problem Solving, interactive media, learning outcomes