Penerapan Media Electronic Workbench Simulator Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika di SMK N 5 Padang

Muhammad Zul Fadhly(1), Hambali Hambali(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.108557

Full Text:    Language : en

Abstract


Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media Electronik Workbench Simulator terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar istrik dan Elektronika menggunkakan hasil pengukuran kelas X TITL di SMK N 5 Padang. Latar belakang penelitian ini adalah kurang keterampilan siswa merangkai rangkaian listrik, kurangnya media pembelajaran berupa simulasi, permasalahan imi membuat nilai yang dicapai siswa masih dibawah KKM, sehingga membuat perlu diterapkan media pembelajaran berupa simulasi untuk meninggkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu penuis menerpakan media pembelajaran Electronics Workbench Simulator pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jenis penelitian ini adalah Pre- Expremental dengan desain penelitian One- Grup Pretest- Postetst. Subjek penelitian adalah kelas X TITL SMK N 5 Padang. Data yang diperoleh dari analisis dengan menggunakan Gain Score. Dari hasil peneltian diperoleh nilai rata- rata Pretest siswa adalah 64,78 dan rata-rata nilai Posttest adalah 87,5. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 0,5 kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan media pembelajaran Electronics Workbench Simulator dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika ni SMK N 5 .Padang.

Keywords


Electronic Workbench Simulator, Learning Outcomes and Electrical and Electronic Basic

References


S. Sukardi, D. Puyada, R. E. Wulansari, and D. T. P. Yanto, “The validity of interactive instructional media on electrical circuits at vocational high school and technology,” 2nd INCOTEPD, vol. 2017, pp. 21–22, 2017.

D. T. P. Yanto, S. Sukardi, and D. Puyada, “Effectiveness of Interactive Instructional Media on Electrical Circuits Course : The Effects on Students Cognitive Abilities,” Proc. 4rd Int. Conf. Tech. Vocat. Educ. Train., vol. 2017, pp. 75–80, 2017.

O. Candra, F. Eliza, S. Islami, and Y. Alisman, “Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Diklat Memperbaiki Motor Listrik Guna Peningkatan Hasil Belajar,” Perspekt. Pendidik. dan Kegur., vol. 10, no. 2, pp. 7–15, 2019.

O. Candra, D. T. P. Yanto, and F. Ismanto, “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM INKUIRI UNTUK MATA PELAJARAN MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK,” vol. 6, no. 1, pp. 62–74, 2020.

A. Arsyad, Instructional Media. Jakarta: Rajawali Press, 2013.

A. Sardiman, Media Pembelajaran (Pengertian Pengembangan Pemanfaatan). Jakarta: Rajawali Press, 2008.

D. T. P. Yanto, “Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 19, no. 1, pp. 75–82, 2019.

F. Eliza, S. Suriyadi, and D. T. P. Yanto, “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” vol. 1, no. 1, pp. 2–5, 2017.

Sugiyono, “metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D,” in Bandung: Alfabeta, 2016

S. Arikunto, Research Procedure. Jakarta: Rineca Cipta, 2010.

Ayu Surya (2014). Pengaruh Media Pembelajaran Electronics Workbench Simulator Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dasar – dasar Teknik Digital Di SMK N 2 Payakumbuh. Skripsi UNP.


Article Metrics

 Abstract Views : 609 times
 PDF Downloaded : 191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.