Studi Kajian Mengenali Karakteristik Kurikulum LPTK Pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang

Nadia Utari(1), Ahyanuardi Ahyanuardi(2), Sukardi Sukardi(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.107921

Full Text:    Language : in

Abstract


Perguruan tinggi harus mengenali karakteristik kurikulum masing-masing program studinya agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan stakeholder dari program studi tersebut. Salah satu yang harus dipahami oleh program studi tersebut adalah mengenali karakteristik kurikulumnya, apa yang menjadi kebutuhan dari program studi dewasa ini. Hal ini perlu diketahui oleh setiap program studi tidak terkecuali dengan program studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang. Dalam hal ini dibutuhan evaluasi, pengayaan, dan penyegaraan kurikulum di perguruan tinggi dengan menambah atau mengurangi mata kuliah untuk mengetahui ketercapaian kurikulum dengan kebutuhan lulusan. Dengan menerapkan studi kajian menegenali karakteristik kurikulum, diharapkan menjadi metode yang dapat diterapkan universitas lain dalam mengenali kurikulum yang digunakan oleh program studi tersebut. Pendekatan ini diharapkan menjadi pola bagi universitas lain untuk menerapkan metode dalam kajian mengenali karaketristik kurikulum dengan menyesuaikan kebutuhan lulusan.

Keywords


Curriculum characteristics, Vocational Education, LPTK

References


Mukhaiyar, Mukhaiyar, R., 2016, Studi Kajian Pengreorganisasian Kurikulum Prodi-Prodi di Jurusan Teknik Elektro UNP Sebagai Acuan Kebijakan bagi Universitas LPTK Lainnya., KONASPI VIII, 97-102.

Teknik Elektro UNP (2019, July 17) Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang (http://elektro.ft.unp.ac.id/index.php/visi-misi-dan-tujuan-3/). Diakses Januari 2020.

Mukhaiyar, R., Irfan, D., Frismelly, A., Utari, N., 2019, Enrichment in the Electrical Engineering Vocational and Education (EEVE) Study Program by Augmenting the Image Processing Study Course, Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012013.

Persepsi Dolgan RAC dan Altun S 2013 tentang Keefektifan Pemetaan Kurikulum: studi kasus Turki Journal Pendidikan dan Sudi Pengajaran di Dunia vol 3 no4 pp 50-60.

Konokman GY, Yelken TY, Karasolak K, dan Cesur E 2017 Perceotion Guru: Kompeten atau Tidak dalam Pengembangan Kurikulum Jurnal Ilmu Pendidikan Malaysia Online vol 3 iss pp 56-73.

Hasan, Hamid. Evaluasi Kurikulum. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya Offset, 2009.

Putu Sudira. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Menyosong Skill Masa Depan. Makalah Pengembangan Kurikulum Politeknik Negeri Bali. Page 1 of 24. Bali, Oktober 2011.

Mukhaiyar, R., Muskhir, M., Dolly, VP., 2019. Curriculum Evaluation based on AUN-QA Criterion for the Case Study of the Electrical Engineering Vocational and Educational (EEVE) Study Program. Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012039.

Mukhaiyar., Utari, S., Mukhaiyar, R., 2016, English as a Second Language for an International Nursery Student in United Kingdom. The 4th UPI International Conference on Technical and Vocational Education, 107-114.

Mukhaiyar, R., Myori, DE., Utari, N., 2019, Reorganizing the Curriculum of the Study Programs of the Electrical Engineering Fields in Universitas Negeri Padang as Its Eminet Policy, Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012043.


Article Metrics

 Abstract Views : 399 times
 PDF Downloaded : 130 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.