Evaluasi Kurikulum pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang dengan Konsep AUN-QA Kriteria-3: Programme Structure and Content

Vice Pramutia Dolly(1), Riki Mukhaiyar(2), Elfizon Elfizon(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.107912

Full Text:    Language : in

Abstract


Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan sangat pesat dewasa ini, sehingga dunia kerja semakin ketat dalam memilih lulusan yang berkualitas sesuai dengan bidangnya. Lulusan yang berkualitas merupakan salah satu syarat kebutuhan stakeholder pada Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI). Seiring dengan itu Program Studi Pendidikan Teknik Elektro memiliki capaian lulusan yang berkualitas, unggul, serta berkompeten dibidang ilmu teknik elektro. Untuk itu diperlukan sebuah evaluasi terhadap program kurikulum dengan mengacu kepada AUN-QA (Asean University Network Quality Assurance) sebagai sebuah lembaga organisasi universitas seASEAn yang memiliki tujuan memperkuat dan memperluas kerjasama Pendidikan Tinggi di Asia. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode komparatif ex-postfacto jenis correlational study. Penelitian dilakukan dengan pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan sebuah konsep evaluasi kurikulum berdasarkan standar AUN-QA kriteria-3, Programme Structure and Content. Melalui penelitian ini diharapkan menjadi sebuah pola dalam melakukan evaluasi kurikulum untuk mencetak lulusan yang unggul dan berkualitas pada bidangnya.


Keywords


Evaluasi Kurikulum, AUN-QA, Programme Structure and Content

References


Presiden Republik Indonesia. (17 Januari, 2012). Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012. Jakarta, Jakarta, Indonesia: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Media Syafrina Putri, 2018, Pemetaan Kurikulum Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Untuk Memaksimalkan Kompetensi Lulusan, Skripsi, Padang, Universitas Negeri Padang.

Mukhaiyar, Mukhaiyar, R., 2016, Studi Kajian Pengreorganisasian Kurikulum Prodi-Prodi di Jurusan Teknik Elektro UNP Sebagai Acuan Kebijakan bagi Universitas LPTK Lainnya., KONASPI VIII, 97-102.

Mukhaiyar, R., Myori, DE., Utari, N., 2019, Reorganizing the Curriculum of the Study Programs of the Electrical Engineering Fields in Universitas Negeri Padang as Its Eminet Policy, Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012043.

Mukhaiyar., Utari, S., Mukhaiyar, R., 2016, English as a Second Language for an International Nursery Student in United Kingdom. The 4th UPI International Conference on Technical and Vocational Education, 107-114.

Rezki, CY, Mukhaiyar, R., 2020, Studi Hubungan Perilaku Guru SMK Teknik Listrik Dalam Pembelajaran Dengan Motovasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMKN 5 Padang), JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 6(1), 153-157.

Aldila, S., Mukhaiyar, R., 2020, Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X SMK Negeri 1 Bukittinggi, Ranah Research: Journal of Multidisiplinary Research and Development, 2(2), 51-57.

Arif, A, Mukhaiyar, R., 2020, Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 1 Padang, JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 6(1), 114-119.

Mukhaiyar, R., Irfan, D., Frismelly, A., Utari, N., 2019, Enrichment in the Electrical Engineering Vocational and Education (EEVE) Study Program by Augmenting the Image Processing Study Course, Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012013.

Efronia, Y., Mukhaiyar, R., 2020, Kompetensi Dasar dari Kurikulum Prodi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang, JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 6(1), 179-186.

Mukhaiyar, R., Muskhir, M., Dolly, VP., 2019. Curriculum Evaluation based on AUN-QA Criterion for the Case Study of the Electrical Engineering Vocational and Educational (EEVE) Study Program. Journal of Physics: Conference Series 1378 (1), 012039.

Accreditation Commission for Senior Colleges and Universities. 2001. Handbook of Accreditation. Alameda, CA: Western Association of Schools and Colleges.

Mulyono Amidi, 2018, Menyongsong Asesmen AUN-QA, Journal, pp.1-8.

BAN-PT. 2016. Guide to AUN-QA Asessessment at Programme Level. Version 3.0. Bangkok: Chulalangkom University.

Hamid Darmadi, Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung; Alfabeta, 2011), h. 223.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research In education (8th ed.). New York Mc Graw HIll.


Article Metrics

 Abstract Views : 386 times
 PDF Downloaded : 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.