Efektifitas Metode Pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Ektronika di SMK Muhammadiyah 1 Padang

Zilullah Zamzami Putra(1), Mukhilidi Muskhir(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.107696

Full Text:    Language : en

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar yang sebelumnya masih banyak yang dibawah KKM, dikarenakan kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajara dan Kurangnya kemampuan siswa untuk membangun pengetahuan dan keterampilan sendiri. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan penelitian tentang Efektifitas Metode Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL)  Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK 1 Muhammadiyah Padang sebanyak satu kelas. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar yang terdiri dari pretest dan posttest dan Penelitian ini telah dilaksanakan III siklus. Berdasarkan analisis data Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil posttest pada siklus I, II dan siklus III dengan demikian dapat dilihat bahwa metode CTL pada pelajaran Dasar listrik dan elektronika pada SMK Muhammadiyah 1 Padang terjadi peningkatan.Pada Siklus I diperoleh presentase sebesar 54% , siklus II diperoleh persentase sebesar 64% dan meningkat pada siklus III persentasenyamenjadisebesar 80%.


References


. Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Putri, Hari Mariska. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal of JTEV, vol 5, No 2.

. Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. PT. Raja Gravindo Persada. Jakarta.

. Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana prenada group.

. Munandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers

. Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

 Abstract Views : 287 times
 PDF Downloaded : 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.