Perancangan Alat Pengukur Kadar Gula dalam Darah Menggunakan Teknik Non-Invasive Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno

Haryono Suyono(1), Hambali Hambali(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107482

Full Text:    Language : en

Abstract


Rancang bangun alat pengukur kadar gula darah secara non-invasive menggunakan arduino uno sangat diperlukan bagi penderita diabetes meletus supaya pederita penyakit diabetes bisa selalu mengecek kadar gula darah selalu dalam kisaran normal. Pengukuran secara non-invase pada alat ini memanfaatkan fenomena optik berupa terjadinya penyerapan panjang gelombang gula darah yaitu antara 750-2500 nm .  Metode pelaksanaan yang dilakukan supaya berhasil untuk menciptakan alat ukur gula darah secara non-invasive mulai dari perancangan hardware seperti rangkain power supply, rangkaian sensor infrared dan photodioda, pushbutton dan LCD. Setelah melakukan perancangan hardware mulai pengumpulan data, melakukan survey di klinik Universitas Negeri Padang. Alat ukur kadar gula darah non-invasive dibuat dengan cara membaca daya yang diterima oleh photodioda yang dipancarkan oleh sensor infrared. Hasil dari pembaacan sensor akan ditampilkan di LCD sebelum di tampilkan di LCD data di olah di dalam arduino uno. Arduino uno  pada alat ini digunakan sebagai pusat pengontrolan sistem.


Keywords


Gula Darah, Non-invasive, Arduino Uno, Infrared, Photodioda

References


Riza Tamridho. Rancang Bangun Alat Pengukuran Kadar Gula Darah. Depok: Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010.

Hotma Rumahorbo. Mencegah Diabetes Melitus Dengan Perubahan Gaya Hidup. Bogor: In Media, 2014.

Ninik Irawati. Rangcang Bangun Alat Ukur Kadar Gula Darah Menggunakan Metode Optik Untuk Penderita Diabetes Melitus. Surabaya: Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga, 2012.

Syafina Latifa. Rancangan Alat Pendeteksi Golongan Darah dengan Metode ABO Menggunakan Print Thermal Berbasis Mikrokontroller. Padang: Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. 2018

Febry Rahayu. Perancangan Automatic Mie Cup Vending Machine Berbasis Arduino. Padang: Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik. Universitas Negeri Padang. 2019.


Article Metrics

 Abstract Views : 8685 times
 PDF Downloaded : 3576 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.