Pengembangan Job Sheet Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk Kelas XI TITL

Rezki Kurniawan(1), Hansi Effendi(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.106927

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan job sheet Instalasi Motor Listrik yang layak, praktis dan efektif untuk peserta didik kelas XI TITL di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Tahap penelitian ini mengacu pada metode R&D. Pengambilan data dilakukan dengan lembar atau angket validasi, angket praktikalitas, dan lembar unjuk kerja (rubrik). Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan job sheet ini dinyatakan valid atau layak digunakan dengan rata-rata hasil rating sebesar 0,87. Respon pendidik terhadap kepraktisan job sheet ialah sebesar 92% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan respon peserta didik terhadap kepraktisan job sheet ialah sebesar 93%. Secara keseluruhan untuk rata-rata hasil belajar peserta didik setelah praktikum menggunakan job sheet yaitu 88% pada kategori tuntas dan job sheet dinyatakan sudah efektif digunakan pada proses praktikum. Dengan demikian job sheet dinyatakan valid atau layak, praktis dan efektif digunakan pada praktikum Instalasi Motor Listrik kelas XI TITL di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.


Keywords


job sheet, Electric Motor Installation, Reasarch & Development (R&D)

References


Ali, Mohammad. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional. Bandung: Intima, 2009.

Isjoni. Memajukan Bangsa Dengan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Rusman. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil belajar. Yogyakarta: Remaja Rosda Karya, 2013.

Anggani Sudono. Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo, 2004.

Tim AA-pekerti UMM. Perencanaan Pembelajaran Praktikum. Malang: UMM Press, 2014.

Adriyawati, Ni Desak Made Sri. “PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN DEKORASI KUE MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA JOB SHEET MAHASISWA”. Jurnal Pendidikan ddan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. Vol 37 (1):154-166, 2004.

Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press, 2011.

Utami, P. “PERENCANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM", 2017.

Sukardi. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KuriKulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Aswar, Saifuddin. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2018.

Riduwan. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2010.

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Z. Mawardi Effendi, H. Effendi, and H. Effendi, “The Role of Locus Control and Learning Styles in The Development of The Blended Learning Model at PSU,” Int. J. GEOMATE, vol. 13, no. 37, pp. 75–80, 2017

Z. M. Effendi, H. Effendi, and H. Effendi, “Implikasi gaya belajar dalam desain blended learning,” J. Teknol. Inf. dan Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 72–80, 2015.

H. Effendi, Soenarto, and H. Sofyan, “The Effectiveness of Web-Based Interactive Blended Learning Model in Electrical Engineering Courses,” Res. Eval. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 175–185, 2015.

Fery, S., & Bambang, S. "PENGEMBANGAN TRAINER DAN JOB SHEET PLC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA DIKLAT PLC DI JURUSAN ELEKTRONIK INDUSTRI SMK NEGERI 2 LAMONGAN". Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol 3 (3), 509–515, 2014.

Fransisca, Monica."PENGUJIAN VALIDITAS, PRAKTIKALITAS, DAN EFEKTIVITAS MEDIA E-LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. Vol 2 (1), 17-22, 2017.


Article Metrics

 Abstract Views : 1342 times
 PDF Downloaded : 583 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.