Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran DLE Di Smk N 2 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Hasil belajar siswa yang masih rendah yang diakibatkan oleh faktor media pembelajaran yang belum maksimal dalam menimbulkan semangat belajar dan menuntun peran aktif siswa. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dengan penerapan modul pembelajaran untuk melihat Efektivitas terhadap hasil belajar siswa. Penelitian  ini  menggunakan jenis  penelitian eksperimen yang dikategorikan kedalam jenis penelitian pre experimental Design dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 2 SMK Negeri 2 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 28 orang siswa.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument tes berupa soal objektif. Pretest sebagai data awal sebelum penerapan modul pembelajaran dan posstets sebagai data setelah penerapan modul pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Effect Size. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebelum menggunakan modul pembelajaran sebesar 63,61 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77,54. Dari perhitungan Effect Size, dimana nilai Effect Size antara pretest dengan posttest sebesar 0,84 dengan kategori sedang, artinya teradapat efektivitas  penerapan modul pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di kelas X TITL 2 SMK Negeri 2 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara