Penerapan Problem Based Learning dengan Aplikasi Google Meet dan Google Classroom untuk Meningkatkan 4Cs pada Pembelajaran Fisika SMA

Eka Yuli Sari Asmawati(1), Endang Setyawati(2), Dina Octora Sastaviana(3), Nyoto Suseno(4),
(1) SMA Negeri 1 Metro Lampung 
(2) SMA Negeri 1 Metro Lampung 
(3) SMA Negeri 1 Metro Lampung 
(4) Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro 

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jppf.v8i1.115030

Full Text:    Language : en

Abstract


Pada suasana Covid-19 ini, dilakukan desain pembelajaran dengan menerapkan PBL melalui aplikasi google meet dan google classroom untuk mengembangkan keterampilan 4C siswa pada pembelajaran Fisika SMA. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi keefektifan penerapan PBL dengan menggunakan aplikasi google meet untuk mengembangkan keterampilan 4C siswa; (2) mengidentifikasi keefektifan penerapan PBL menggunakan aplikasi google classroom untuk meningkatkan keterampilan 4C siswa pada pembelajaran Fisika SMA. Jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian menggunakan data berupa pernyataan siswa dan guru SMA Negeri 1 Metro terkait pembelajaran daring yang dilakukan dan pengembangan 4Cs. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi google meet dan google classroom efektif digunakan dalam penerapan PBL untuk mengembangkan keterampilan 4C siswa.

Article Metrics

 Abstract Views : 405 times
 PDF Downloaded : 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.