The Students' Speaking Ability in Describing Products viewed from Grammar and Knowledge of Genre at SMK N 3 Padang

Titi Pani Naskah(1), Refnaldi Refnaldi(2), An Fauzia Rozani Syafei(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Journal of English Language Teaching

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v7i1.8890

Full Text:    Language : en

Abstract


Berbicara merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh siswa dalam tujuan untuk tercapainya keefektifan dalam berkomunikasi. Kemampuan berbicara ini akan sangat berguna bagi siswa sekolah menengah kejuruan yang nantinya akan memasuki dunia bisnis ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berbicara siswa dalam mendeskripsikan produk ditinjau dari segi grammar dan knowledge of genre. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif (descriptive research). Populasi dalam penelitian ini adalah 62 siswa kelas X jurusan Pemasaran di SMK Negeri 3 Padang. Sampel penelitian didapatkan dengan menggunakan metode purposive sampling dimana peneliti hanya mengambil satu perwakilan kelas sebagai sampel penelitian, yaitu 31 siswa kelas X Pemasaran 2. Data dalam penelitian merupakan hasil tes unjuk kerja kemampuan berbicara siswa dalam mendeskripsikan satu dari dua tema produk berbeda yaitu electronic dan kosmetik. Dari hasil penelitian diketahui kemampuan berbicara siswa kelas X Pemasaran 2 SMK Negeri 3 Padang ditinjau dari segi grammar mendapat nilai rata-rata 73.81 dengan kategori sangat baik (very good) dan dari segi knowledge of genre mendapat nilai rata-rata 69.27 dengan kategori sangat baik (very good). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa dilihat dari segi grammar dan knowledge of genre dalam mendeskripsikan produk adalah sangat baik (very good).


Keywords


Speaking Ability, Describing Products, Grammar, Knowledge of Genre

References


Afandi, W. (2013). Teaching Writing a Descriptive Text to Senior High School Students by Using the CSW Game. Journal of English Language Teaching, Vol. 1 No. 2.Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id

Anggi, M. S. (2015). An analysis of Senior High School Students’ Speaking Ability in Retelling Narrative Texts at Grade Eleven of SMAN 10 Padang (Thesis). Padang: Universitas Negeri Padang.

Brown, H. D. (2004). Language Assessment. Principles and Clasroom Practices. United Stated of America: Longman.

Efrizal, D. (2012). Improving Students’ Speaking through Communicative Language Teaching Method at Mts Ja-alhaq,

Sentot Ali Basa Islamic Boarding School of Bengkulu, Indonesia.

Bengkulu: State Institute of Islamic Studies (IAIN)

Gopur, A. (2008). Error Analysis on Students’ Speaking Performance at the Second Year Students of SMK Permata 2 Bogor (Thesis). UIN: English Education Department.

Nunan, D. (2004). Practical English Language Teaching Grammar. New York:McGraw-Hill.

Sumiyati (2012). An Analysis of Students’ Oral Performance of Speaking Ability in MAN Sidoarjo. (Thesis) English Departement, Faculty of Tarbiyah, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Susanti, E. and Amri, Z. (2013). Speaking Board Game to Teach Speaking of Descriptive Text (Paper). Padang: Universitas Negeri Padang.


Article Metrics

 Abstract Views : 570 times
 PDF Downloaded : 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Journal of English Language Teaching

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.