Abstract


Makalah ini membahas tentang cara mengatasi pemahaman membaca siswa di SMA yang mengalami kesulitan dalam memahami apa yang mereka baca. Mereka cenderung sulit mengingat ide-ide pokok dari teks yang mereka baca. Membaca merupakan hal yang membosankan bagi siswa. Karena teksbacaan  umumnya dipakai dalam ujian semester dan ujian nasional, maka siswa SMA perlu meningkatkan kemampuan membaca mereka. Oleh karena itu guru perlu memilih strategi yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks yang mereka baca. PORPE merupakan salah satu strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami ide-ide yang tersirat ataupun tersurat di dalam teks yang mereka baca. Langkah-langkah dalam memakai PORPE strategy adalah : 1) Predict. Siswa secara aktif dan mandiri membuat pertanyaan prediksi yang berhubungan dengan materi. 2) Organize. Siswa mengorganisasi atau mengatur ide kunci yang berhubungan dengan pertanyaan prediksi dan meringkas dengan pembuatan outline. 3) Rehearse. Siswa diminta berlatih untuk mengingat ide pokok yang ada dalam outline dengan membaca teks dengannyaring. Tahap ini dilakukan secara berpasangan. Tahap ini akan membantu siswa dalam mengingat ide-ide dari teks tersebut. 4) Practice. Siswa menulis jawaban prediksi menjadi bentuk teks  dengan mengandalkan ingatan. 5) Evaluate. Siswa mengevaluasi hasil tulisan yang mereka buat dengan cara mengisi tabel checklist. Pada tahap ini siswa juga bisa melihat kemampuan mereka dalam menjawab pertanyaan yang ada pada teks tersebut.


Keywords


Membaca,PORPE (Predict, Organize, Rehearse, Practice and Evaluate) Strategy, outline, checklist, Sekolah Menengah Atas