IMPROVING READING COMPREHENSION OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS BY USING PORPE STRATEGY

Yosi Wiryani(1), Fitrawati Fitrawati(2),
(1) English Department Faculty of Languages and Arts State University of Padang  Indonesia
(2) English Department Faculty of Languages and Arts State University of Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Journal of English Language Teaching

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v6i1.8536

Full Text:    Language : en

Abstract


Makalah ini membahas tentang cara mengatasi pemahaman membaca siswa di SMA yang mengalami kesulitan dalam memahami apa yang mereka baca. Mereka cenderung sulit mengingat ide-ide pokok dari teks yang mereka baca. Membaca merupakan hal yang membosankan bagi siswa. Karena teksbacaan  umumnya dipakai dalam ujian semester dan ujian nasional, maka siswa SMA perlu meningkatkan kemampuan membaca mereka. Oleh karena itu guru perlu memilih strategi yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks yang mereka baca. PORPE merupakan salah satu strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami ide-ide yang tersirat ataupun tersurat di dalam teks yang mereka baca. Langkah-langkah dalam memakai PORPE strategy adalah : 1) Predict. Siswa secara aktif dan mandiri membuat pertanyaan prediksi yang berhubungan dengan materi. 2) Organize. Siswa mengorganisasi atau mengatur ide kunci yang berhubungan dengan pertanyaan prediksi dan meringkas dengan pembuatan outline. 3) Rehearse. Siswa diminta berlatih untuk mengingat ide pokok yang ada dalam outline dengan membaca teks dengannyaring. Tahap ini dilakukan secara berpasangan. Tahap ini akan membantu siswa dalam mengingat ide-ide dari teks tersebut. 4) Practice. Siswa menulis jawaban prediksi menjadi bentuk teks  dengan mengandalkan ingatan. 5) Evaluate. Siswa mengevaluasi hasil tulisan yang mereka buat dengan cara mengisi tabel checklist. Pada tahap ini siswa juga bisa melihat kemampuan mereka dalam menjawab pertanyaan yang ada pada teks tersebut.


Keywords


Membaca,PORPE (Predict, Organize, Rehearse, Practice and Evaluate) Strategy, outline, checklist, Sekolah Menengah Atas

References


AzharArsyad, 4. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Berkowitz, Joy., Packer, Todd. 2001. Heroes in the Classroom: Comic Books in Art Education. National Art Education Association

Dalu, D. L. R., Setyawati, H., Arianto, M. A., & Azizaturrohmah, N. (2017). AVAILABILITY OF LANGUAGE INPUT, CONDUCIVE ENVIRONMENT IN LEARNING LANGUAGE AND MOTIVATION AND ITS RELATION TO LANGUAGE ACQUISITION. LET: Linguistics, Literature and English Teaching Journal, 6(1).

Dewey, J. 1938.Experience and Education.1997 edition. New York: Touchstone.

Harmer, J. 2007.The Practice of English Language Teaching. Cambridge, UK: Longman.

Nurhadi.1987. MembacaCepatdanEfektif. Bandung: SinarBaru.

Smith, Andrew. 2006. Teaching with Comics. University of Lethbridge: Canada

Wright, P., McCormick, B., Sherman, S., & McMahan, G. 1996. The role of human resource practices in petro-chemical refinery performance. Paper presented at the 1996 Academy of Management meeting, Cincinnati, OH.


Article Metrics

 Abstract Views : 1610 times
 PDF Downloaded : 240 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal of English Language Teaching

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.