AN ANALYSIS OF STUDENTS' NEEDS ON LISTENING MATERIALS FOR THE 8th GRADERS OF JUNIOR HIGH SCHOOL: A SURVEY STUDY AT SMP N 7 PADANG

Vinda Fauzia HP, Refnaldi Refnaldi, Aryuliva Adnan

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran listening di SMP Negeri 7 Padang. Hal ini diduga disebabkan karena didalam proses pembelajaran tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kebutuhan siswa terhadap materi listening dalam mata pelajaran Bahasa Inggris dan menganalisis kebutuhan yang dominan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, dimana peneliti menggambarkan data apa adanya yang diambil dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner ini diisi oleh 66 siswa yang dijadikan sebagai sampel dari total 264 siswa kelas VIII. Teknik analisis data yang digunakan adalah Persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa membutuhkan semua tipe untuk pembelajaran litening. Tipe tersebut adalah input, content (topics), language and tasks. Selain itu, untuk masing-masing tipe terdapat item yang paling dominant yang dibutuhkan siswa dalam proses pembelajarannya. Untuk input, item dengan nilai tertinggi adalah percakapan antara dua orang atau lebih (3.5). Pada content (topics) adalah ekspresi meminta bantuan (3.54) Sedangkan untuk language, mengenal kata kerja (3.48) adalah item yang paling dominant dan untuk tasks, item yang paling dominant yaitu menentukan respon mana yang paling tepat berdasarkan percakapan dengan pertanyaan yang didengar (3.39). Berdasarkan hasil penelitian, ini menunjukkan bahwa keempat tipe yang terdapat didalam komponen wants and lacks memang sangat dibutuhkan oleh siswa dalam pembelajaran listening.

Keywords


Students' needs analysis, listening materials.

Full Text:

PDF

References


Brown, James D.1995. The Elements of Language Curriculum. Boston: Heinle&Heinle Publishres: Massachusetts.

Creswell, John W. 2002. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Qualitative, Quantitaive Research. California: Sage Publications.

Flowerdew, John and Linday Miller. (2005). Second Language Listening. New York: Cambridge University Press.

Gay, LR and Peter Airasian. 2000. Educational Reserach. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Hutchinson, T., & A. Waters. 1987. English for Specific Purposes. Cambridge: Cambridge university press.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (2006). Bandung: Rosda.

M. Seel & Sanne Dijkstra. Curriculum, Plans, and Processes in Instructional Design. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Marhasni, R, Kusni, Rusdi, N, R. 2013. The Needs Analysis of English Materials on Computer and Network Engineering Students. E-Journal of English Language Teaching. 1 (2).

Nunan, David. 1999. Second Language Teaching and Learning. Boston: Heinle&Heinle Publishers.

Pérez, Basanta C. 2000a. Cognitive processes in L2 listening: Implications for teaching and learning. In F. J. Ruiz de Mendoza (Ed.), Panorama Actual de la Lingüística Aplicada. Conocimiento, Procesamiento y Uso del Lenguaje (pp. 1811-20). Logroño: Universidad de La Rioja.

Richards, Jack C. 2001. Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Underwood, Marry. 1989. Teaching Listening. London: Longman


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal of English Language Teaching

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of English Language Teaching is indexed by: 

Flag Counter

Copyright (R) Journal of English Language Teaching ISSN 2302-3198. Published by English Language Teaching Study Program of English Department of FBS UNP, Padang, West Sumatra. Indonesia