THE QUALITY OF ANALYTICAL EXPOSITION WRITTEN BY GRADE TWO STUDENTS OF MAN 3 SUNGAI PENUH VIEWED FROM GRAMMAR AND THE GENERIC STRUCTURE

Try Ulva Yeni(1), Rusdi Thaib(2), An Fauzia Rozani Syafei(3),
(1) English Department Faculty of Languages and Arts State University of Padang  Indonesia
(2) English Department Faculty of Languages and Arts State University of Padang  Indonesia
(3) English Department Faculty of Languages and Arts State University of Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Journal of English Language Teaching

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v6i1.7965

Full Text:    Language : en

Abstract


Menulis merupakan salah satu keahlian penting yang harus di kuasai oleh siswa. Siswa sering mendapatkan masalah dalam menulis teks analytical exposition yang sesuai dengan generic structure dan grammar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kualitas kemampuan siswa dalam menulis teks analytical exposition ditinjau dari segi grammar dan the generic structure (thesis statement, argument, and reiteration). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rubrik skor yang diadopsi dari Rosenwaser dan writing expository assessment untuk menganalisis kualitas grammar dan the generic structure siswa dalam melulis teks analytical exposition. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 MAN 3 Sungai Penuh. Sampel penilitian ini berjumlah 37 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan sebuah instrumen berupa tes menulis teks analytical exposition. Dalam menulis teks analytical exposition, peneliti menyediakan tiga topik yang berbeda sebagai pilihan untuk siswa dalam menulis teks analytical exposition. Waktu yang diberikan kepada siswa dalam membuat teks analytical exposition adalah 90 menit. Hasil dari tulisan siswa tersebut digunakan sebagai data dalam penelitian ini. Berdasarkan data yang diperoleh, kualitas kemampuan siswa dalam menulis teks analytical exposition ditinjau dari segi grammar adalah good (27,02%), excellent (10,81%), dan poor (5,40%). Ditinjau dari segi generic structure, hasil analisis menunjukkan bahwa 75,69% siswa tidak mengalami kesulitan dalam menggembangkan ide pokok dalam thesis statement. Sebanyak 45,94% siswa tidak mampu mengembangkan ide menjadi uraian pendapat pada paragraf argumentation. Selanjutnya, 56,75% siswa mengalami masalah dalam menyatakan kembali uraian uraian pendapat sebelumnya. Dengan kata lain, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas kemampuan siswa dalam menulis teks analytical exposition di tinjau dari segi generic structure adalah good (56,75%) yaitu berkisar pada angka 60-79.

Keywords


An analytical exposition text, quality of writing, grammar and the generic structure

References


Depdiknas. 2006. Kurikulum 2006:Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Pusat

Kurikulum Balitbang Depdiknas. Gay, L. R. and Peter Airasian. 2000. Educational Research: Competencies for Analysis and Application.

Upper Saddle River, New Jersey: Pretice Hall. Haris, David P. 1969. Testing English as Second language Writing. Bombay: McGrass Hill

Publishing Company. Hilmi, L, Yenni, R, & Yuli,T. 2013. The Use of Passive Voice in Analytical Exposition Text Written by Senior High School Students at Grade XILanguage Teaching, 2 (1).

Heaton,J. Brian. 1991. Writing in English Language Test Practical Guide for Teaching of English as a Second Language: Group Univeted

Hughes, A.S. 1989. Testing For Language Teachers. Cambridge; Cambridge University Press. Huy, Nguyen. 2015. Improving students’ ability in writing narrative text. (English Language Teaching Journal) Vol.2. No.11. On April Rosenwaser, Davod & Stephan J. 1997. Writing Analytical. Forthworth. Taken from: http://webpages.charter.net/jcala6.html#writing. Zaim, M and Mohd,

Ansyar. 2013. Students Difficulties in Comprehending the Analytical Exposition Text at Garde XI of MAN 3 Sungai Penuh: Journal English Language Teaching (ELT)


Article Metrics

 Abstract Views : 1975 times
 PDF Downloaded : 164 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal of English Language Teaching

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.