AN ANALYSIS OF THE THIRD YEAR STUDENTS OF UNP ENGLISH DEPARTMENT ABILITY IN USING CONTEXT CLUES

Ferdy Annelando(1), Zainuddin Amir(2), Fitrawati Fitrawati(3),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia
(3) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v3i1.4385

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan penggunaan context clues mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNP dalam membaca teks bahasa inggris, (2) mengetahui masalah-masalah yang dihadapi oleh mahasiswa Jurusan Bahasa dan Satra Inggris UNP dalam menggunakan context clues saat membaca teks berbahasa inggris. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tingkat III Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris tahun masuk 2011 Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang. Sampel penelitian ini berjumlah 20 orang yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Data dikumpulkan melalui dua instrumen yaitu tes context clues dan wawancara. Dalam tes context clues, mahasiswa diberikan tes yang berisikan 50 pertanyaan terkait 7 jenis context clues; definition & synonym, example/illustration, contrast, logic of passage, cause & effect, modifier, & sentence/paragraph clues dalam bentuk pilihan ganda dan isian dalam waktu 60 menit. Selain itu, di dalam wawancara ditanyakan beberapa pertanyaan yang digunakan untuk mengetahui permasalahan mahasiswa dalam menggunakan context clues. Data penelitian ini berupa interpretasi dari hasil tes mahasiswa dan wawancara terhadap mahasiswa. Dari penelitian ini ditemukan bahwa persentase kemampuan penggunaan context clues mahasiswa secara keseluruhan adalah 66.9% dengan interpretasi good atau baik. Masalah-masalah yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menggunakan context clues adalah beberapa kosa kata yang seharusnya menjadi petunjuk tapi malah tidak diketahui, keragu-raguan dalam menentukan jenis context clues, teks yang terlalu panjang dan susah dipahami, kecenderungan untuk menggunakan kamus dengan alasan lebih efektif, dan tidak menguasai konsep dasar dari jenis-jenis context clues.

 

Kata kunci: Context clues, reading text.


Article Metrics

 Abstract Views : 249 times
 PDF Downloaded : 188 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)