TEACHING READING BY USING SUSTAINED SILENT READING (SSR) STRATEGY FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Putriayu Permatasari(1), Zainuddin Amir(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v3i1.4382

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Membaca adalah salah satu keterampilan yang paling mendasar bagi semua siswa di tingkat Sekolah Menengah Atas. Siswa diharapkan memiliki pemahaman yang baik terhadap teks yang mereka baca. Namun pada kenyataannya, siswa yang mempelajari bahasa Inggris tetap menghadapi kesulitan di dalam memahami teks. Hal ini bisa dilihat dari kurang tertariknya siswa dalam proses membaca, terbatasnya kemampuan mereka dalam mengetahui kosa kata bahasa Inggris, serta kurang menariknya strategi yang digunakan oleh guru di dalam proses pembelajaran. Untuk mencapai pemahaman yang baik dalam membaca dibutuhkan proses yang baik. Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bagaimana penerapan Sustained Silent Reading (SSR) Strategy dalam proses pembelajaran  membaca. Dalam Sustained Silent Reading (SSR), ada proses preview, dimana siswa membaca setiap kalimat pertama dalam setiap paragraf, predict what comes next, read the whole text silently, dan discussion. Dengan penerapan strategi ini siswa diharapkan mampu memahami informasi di dalam teks yang telah dibacanya dengan lebih baik.

Key Words: Reading, Sustained Silent Reading (SSR)


Article Metrics

 Abstract Views : 1361 times
 PDF Downloaded : 545 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)