DEVELOPING SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT’S READING COMPREHENSION BY USING PROPOSITION SUPPORT OUTLINE

Tri Deka Susanti(1), Zainuddin Amir(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v3i1.4367

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Makalah ini bertujuaan untuk menjelaskan teknik yang dapat diaplikasikan dalam pengajaran pemahaman yaitu Poposition Support Outline. Teknik ini dapat membantu siswa menentukan point inti atau ide pokok dari sebuah teks dan fakta yang mendukung ide pokok tersebut. Dalam menggunakan Proposition support outline strategi guru membimbing siswa untuk menentukan ide pokok dari teks dan menemukan kalimat pendukung ide pokok tersebut. Dalam mengaplikasikan strategi Proposition Support Outline ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu memberikan teks yang akan dipelajari, menemukan ide pokok dari setiap paragraf, setelah siswa menemukan ide pokok dari setiap paragraf, siswa harus menemukan ide pokok dari teks tersebut atau yang disebut sebagai proposition. Kemudian, siswa mencari pendukung propostion tersebut. Pendukung dari ide pokok tersebut dapat dikategorikan sebagai fakta, statistic, pendapat para ahli dan contoh. Guru memperlihatkan contoh dari kerangka Proposition Support Outline dan meminta siswa melengkapi kerangka  tersebut berdasarkan dari proposition dan pendukung dari proposition yang mereka temukan dari teks. Setelah siswa melengkapi kerangka tersebut, siswa melakukan diskusi dari proposition support outline tersebut. Pada tahap akhir siswa menampilkan tentang apa yang mereka pahami dari teks setelah membuat Proposition support outline.  Strategy ini cocok digunakan untuk mengembangkan kemampuan membaca pemahaman siswa karena siswa bisa menemukan ide pokok yang penulis berikan dan menemukan kalimat yang mendukung ide pokok penulis tersebut.


Article Metrics

 Abstract Views : 173 times
 PDF Downloaded : 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)