TEACHING WRITING A HORTATORY EXPOSITION TEXT BY USING THE ROUNDTABLE TECHNIQUE TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Yuli Nelfita Hellen(1), Muhammad Al-Hafizh(2),
(1) FBS UNP  Indonesia
(2) FBS UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v3i1.4300

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Menulis adalah salah satu kemampuan pokok yang harus dikuasai siswa dalam belajar. Ini merupakan salah satu keahliaan yang mendukung kesuksesan siswa dalam pembelajaran bahasa. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam menulis terutama dalam menulis hortatory exposition texts dimana teks ini bertujuan untuk mempengaruhi pendapat pembaca tentang masalah yang dikemukakan berdasarkan topik yang ada. Dalam teks ini terdapat isue-isue dan didukung oleh argumen-argumen untuk meyakinkan pembaca tentang isue yang diberikan berdasarkan topik. Kesulitan yang dialami siswa dalam menulis hortatory exposition texts adalah ketika menemukan isue yang tepat dan sesuai dengan masalah yang disampaikan berdasarkan topik. Mereka juga sulit untuk menemukan ide-ide yang akan dikembangkan menjadi sebuah paragraf dan mengungkapkan pendapat mereka mengenai isue yang akan dikembangkan. Selain itu, hal ini juga dapat disebabkan oleh teknik yang dipakai oleh guru dalam mengajar yang tidak efektif dan juga tidak kreatif sehingga membuat siswa tidak tertarik untuk belajar. Oleh sebab itu, penulis menggunakan metode pengajaran rountable technique agar siswa mampu menulis hortatory exposition text dengan baik melalui diskusi kelompok. Mereka akan lebih mudah untuk menemukan ide-ide pikiran yang akan dikembangkan berdasarkan topik yang ada dengan cara menggabungkan ide-ide atau gagasan yang muncul dari semua anggota kelompok dengan cara diskusi. Melaui teknik ini, siswa diharapkan dapat mempraktekkan kemampuan menulis paragraf berbahasa ingris sesuai dengan kemampuan mereka dengan benar serta dapat meningkatkan pembelajaran bahasa ingris dalam bidang menulis.

Key word: teaching writing, a hortatory exposition text, the roundtable technique.


Article Metrics

 Abstract Views : 3717 times
 PDF Downloaded : 708 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)