TEACHING WRITING A DESCRIPTIVE TEXT BY USING THE BIO−POEMS STRATEGY TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Sherly Deswita(1), Muhammad Al-Hafizh(2),
(1)   Indonesia
(2)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i2.3728

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Permasalahan utama yang dihadapi oleh siswa dalam menulis teks deskriptif yaitu mereka kesulitan dalam mengungkapkan dan mengembangkan gambaran mereka terhadap objek yang akan dideskripsikan. Untuk mengatasi ini, penulis menggunakan strategi yang disebut dengan Bio-poems. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan bagaimana cara menggunakan strategi Bio-poems dalam mengajar descriptive text kepada siswa SMP. Di awal pembelajaran (BKOF), guru membangun pengetahuan siswa dengan menjelaskan topik yang akan dibahas dengan memperlihatkan gambar. Selanjutnya, pada MOT guru menulis descriptive text berdasarkan gambar, kemudian guru dan siswa membuat bio-poems berdasarkan teks tersebut. Setelah itu, pada JCOT siswa diminta untuk membuat bio-poems dan menulis descriptive text didalam kelompok. Diakhir pembelajaran (ICOT), siswa diminta untuk menulis descriptive text secara individu dan guru memberikan ulasan dan menyimpulkan pelajaran bersama-sama dengan siswa. Siswa akan lebih mudah dalam mengungkapkan dan mengembangkan gambaran mereka terhadap objek yang akan dideskripsikan.

Kata kunci: Teks deskriptif, Keterampilan menulis, Bio-poems


Article Metrics

 Abstract Views : 3387 times
 PDF Downloaded : 612 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)