AN ANALYSIS OF ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS’ ABILITY IN USING NOMINALIZATION IN ACADEMIC WRITING AT STATE UNIVERSITY OF PADANG

Yulianti Yulianti(1), Refnaldi Refnaldi(2), Rusdi Noor Rosa(3),
(1)   Indonesia
(2)   Indonesia
(3)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i2.3727

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Nominalisasi merupakan salah satu karakteristik dalam bahasa Inggris yang sering muncul dalam teks akademik. Sangat penting bagi mahasiswa jurusan Bahasa Inggris untuk mampu menguasai dan menggunakan nominalisasi karena pengetahuan ini berguna ketika mereka akan menulis dan membaca teks-teks bergenre akademik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menggunakan nominalisasi dengan memberikan tes menulis kepada tiga puluh empat mahasiswa tahun keempat jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang. Bentuk tes menulis yang diberikan yaitu siswa merubah denominalized teks ke dalam versi nominalisasi. Hasil jawaban siswa dinilai dengan menggunakan teknik kuantitatif yang berpatokan pada scoring rubrik tentang nominalisasi, dan kesalahan – kesalahan yang muncul dalam jawaban siswa kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kemampuan siswa dalam menggunakan nominalisasi masih rendah yang ditunjukkan dengan rata-rata Mean pada angka 52,05. Masalah yang muncul ketika jawaban siswa dianalisis adalah ketidakmampuan siswa dalam merubah bentuk kata kerja dan kata sifat ke dalam bentuk kata benda dan ketidakmampuan siswa dalam memahami informasi dalam versi denominalized teks sehingga hasil jawaban siswa dalam versi nominalisasi sulit dipahami.

Keywords:  Nominalisasi, Denominalized Texts, Nominalized texts,Teks akademik.


Article Metrics

 Abstract Views : 312 times
 PDF Downloaded : 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)