Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan strategi Think-Talk-Write pada pengajaran menulis teks eksposisi analitikal terhadap pencapaian menulis siswa. Populasinya adalah siswa kelas XI SMA N 10 Padang tahun pelajaran 2013/2014 dengan sampel XI IPS 2 (kelas eksperimen) dan XI IPS 1 (kelas kontrol). Kelas eksperimen diajar menggunakan strategi Think-Talk-Write sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan strategi pengajaran yang biasa dilakukan oleh guru di sekolag tersebut. Setelah treatment, diberikan post-test. Berdasarkan analisis nilai dengan rumus t-test, nilai t-hitung (2,33) lebih besar dari t-tabel (1,690). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Think-Talk-Write pada pengajaran menulis teks eksposisi analitikal memberikan dampak yang lebih baik terhadap pencapaian menulis siswa.

Kata kunci : Think-Talk-Write, strategi, pencapaian menulis, teks eksposisi analitikal