Abstract


Abstrak

Keterampilan menulis dalam Bahasa Inggris merupakan salah satu keterampilan yang sulit dikuasai oleh siswa. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan strategi pembelajaran oleh guru yang tidak sesuai. Strategi pembelajaran memiliki fungsi yang sangat penting dalam mempelajari keterampilan menulis. Penggunaan strategi yang tepat dalam menulis dapat mempermudah pemahaman anak dalam memahami sebuah teks dan meningkatkan kreatifitas dan keterampilan dalam menulis. Meskipun banyak strategi pembelajaran yang telah dikembangkan oleh praktisi pendidikan, namun Model Induktif Kata Bergambar (Picture Word inductive Model) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang menarik sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran siswa SMP dalam menulis teks deskriptif. Makalah ini membahas tentang penggunaan Picture Word Inductive Model sebagai salah satu strategi pembelajaran yang digunakan untuk mempelajari keterampilan menulis teks deskriptif dalam pelajaran Bahasa Inggris. Keunggulan dari strategi Picture Word Inductive Model adalah memberikan siswa contoh gambar nyata tempat (place) untuk mempelajari teks deskriptif dengan cara membangun sebuah kerangka berpikir untuk membuat sebuah teks descriptif yang bagus dan menarik. Pada makalah ini diharapkan siswa mampu membuat dan mengambangkan ide-ide pokok dalam mendeskripsikan tempat atau membuat teks deskriptif. Strategi Picture Word Inductive Model ini memberikan kepercayaan diri semua siswa agar berpartisipasi di dalam kelas dan mengunpulkan kosa kata sebanyak – banyaknya dari gambar tempat (place). Dari kosa kata yang telah di temukan kemudian  siswa di harapkan mampu membuat kalimat-kalimat sehungga dalam proses pembelajaran dengan penyampaian yang menarik dan mudah difahami, siswa tidak merasa jenuh dan bosan dalam menulis sebuah teks descriptif.

Kata Kunci: keterampilan menulis, Picture Word Inductive Model (PWIM), teks descriptif.