Abstract


Abstrak

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan bagaimana cara menggunakan media Mr.Bean video dalam mengajarkan recount text untuk siswa SMP. Kemampuan menulis adalah salah satu keterampilan yang harus diajarkan di sekolah. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang mempunyai masalah  dalam menulis. Permasalahan tersebut yaitu ada sebagian siswa yang memiliki keterbatasan ide dalam menulis. Selanjutnya, hampir seluruh siswa beranggapan menulis itu membosankan, sehingga mereka tidak tertarik untuk menulis. Kemudian, menulis adalah suatu hal yang sulit karena mereka harus memikirkan tenses dan pemilihan kosakata yang benar di dalam sebuah kalimat. Berawal dari kenyataan ini, penulis tertarik untuk mengangkat dan mengajukan media Mr. Bean video sebagai salah satu media yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam menulis recount text. Video “ Mr Bean ini diaplikasikan tidak hanya menarik dan lucu, tetapi juga karena ini merupakan media yang tepat untuk memperkenalkan kepada siswa tentang unsur-unsur yang ada pada recount text. Khususnya pada video “ Mr. Bean was at the library ” dalam video  ini tidak terdapat dialog atau percakapan, sehingga dengan menggunakan video ini siswa tersebut dapat menulis recount text dengan baik tanpa harus mendengarkan percakapan atau membaca running text nya. Selain itu, siswa juga akan jauh lebih fokus kepada “content” dari video nya tersebut. Video ini dapat digunakan untuk mengajar penulisan teks recount kepada siswa  SMP kelas delapan.

Kata Kunci : Teks Recount, Keterampilan Menulis, Video Mr. Bean