TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXT BY USING CROSSWORD PUZZLE FOR SECOND GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Muetiah Annisa(1), Leni Marlina(2),
(1)   Indonesia
(2)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i2.3720

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk membahas bagaimana pengajaran menulis teks deskriptif dengan menggunakan media teka-teki silang. Teka-teki silang ini dapat digunakan sebagai media alternatif dalam mengajar menulis teks deskriptif untuk siswa di kelas II SMP. Pelaksanaan pembelajaran  menggunakan teka-teki silang dalam menulis teks deskriptif melalui dua tahapan  utama.  Pertama adalah tahap persiapan. Dalam tahap ini, guru mempersiapkan teka-teki tertentu yang akan digunakan dalam mengajar menulis teks deskriptif. Tahap kedua adalah  tahapan pengajaran. Tahap ini terdiri dari pre-teaching, whilst-teaching dan post-teaching. Dalam pre-teaching, guru melakukan kegiatan Brainstorming yang dapat mengaktifkan latar belakang pengetahuan siswa tentang teks deskriptif. Whilst teaching dibagi menjadi tiga bagian: (1) eksplorasi, (2) elaborasi dan (3) konfirmasi. Guru menggunakan teka-teki silang dan siswa akan memecahkan teka-teki silang pada bagian elaborasi. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersedia pada teka-teki silang, para siswa secara otomatis akan mendapatkan kosa kata yang diperlukan dalam menulis teks deskriptif. Selain itu, siswa akan menulis teks deskriptif berdasarkan kosa kata pada teka-teki silang. Manfaat utama dari  penggunaan teka-teki silang dalam mengajar menulis teks deskriptif adalah untuk memperkaya kosakata serta untuk meningkatkan minat siswa dalam menulis. Oleh karena itu, teka-teki silang adalah media yang tepat dalam mengajar menulis teks deskriptif.

Key Words: teaching writing, descriptive text, crossword puzzle, Junior High School students


Article Metrics

 Abstract Views : 1240 times
 PDF Downloaded : 2555 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)