TEACHING IMPERATIVE SENTENCE THROUGH “ACT OUT ( A GUESSING GAME WITH MIME ) ACTIVITY” IN PROCEDURE TEXT AT JUNIOR HIGH SCHOOL

Agnes Pertiwi Hertia(1), Yuli Tiarina(2),
(1)   Indonesia
(2)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v2i2.3700

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Makalah ini betujuan untuk menjelaskan bagaimana cara penggunaan Act Out ( A Guessing Game with Mime ) Activity sebagai kegiatan yang dapat digunakan oleh guru di Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) untuk mengajarkan kalimat perintah ( Imperative Sentence ). Dalam membuat kalimat perintah di dalam bahasa inggris siswa mengalami kesulitan untuk membedakan antara subjek, predikat, dan juga keterangan di dalam kalimat tersebut. Kegiatan ini diterapkan dalam pengajaran teks prosedur dengan memperlihatkan beberapa gambar kepada siswa. Pada kegiatan ini, ada beberapa tahapan yang harus di lalui. Pertama, guru akan memperlihatkan beberapa gambar kepada siswa, lalu guru menyuruh siswa menyebutkan gambar tersebut dalam bahasa inggris lalu menirukannya. Kedua, siswa akan dibentuk ke dalam beberapa kelompok yang terdiri atas empat atau lima orang, masing – masingnya kelompok akan menunjuk salah seorang temannya untuk menirukan gambar yang diberikan oleh guru. Setiap kelompok akan mendapat giliran untuk tampil. Saat salah seorang dari masing-masing kelompok tersebut akan menirukan gambar yamg ada, sedangkan siswa yang lainnya pada kelompok yang sama akan menebak apa yang ditirukan oleh siswa tersebut. Kegiatan ini diterapkan dalam Whilst Teaching Activity .

Key words: Act out activity, guessing game, mime, imperative sentence.


Article Metrics

 Abstract Views : 741 times
 PDF Downloaded : 714 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)