The Effect of Using KWL Technique toward Students’ Reading Comprehension: An experimental research in teaching hortatory exposition text at SMAN 1 Batipuh

Nurul Husna(1), Jufri Syahrudin(2), Fitrawati Fitrawati(3),
(1) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNP  Indonesia
(2) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v1i1.356

Full Text:    Language : en

Abstract


Tujuan penelitian yaitu meninjau pengaruh penggunaan teknik KWL (Know Want Learned) dalam kegiatan sebelum dan sedang membaca  terhadap pemahaman membaca siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasinya yaitu siswa kelas XI tahun pelajaran 2011/2012. Sampel penelitiannya yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah Reading Comprehension Test berbentuk pilihan ganda sebanyak 40 soal. Nilai tes di analisis dengan hasil t-hitung sebesar 4,42 dan t-tabel 2,00, yang berarti  t-hitung > t-tabel. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan teknik KWL dapat memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pemahaman siswa dalam membaca.

Keywords: KWL, reading comprehension


Article Metrics

 Abstract Views : 4871 times
 PDF Downloaded : 169 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)